Unordered List

6/recent/ticker-posts

GUSDURian Peduli Bantu Pipa Air Bersih Untuk Warga di Adonara

 ADONARA. Pada senin (3/5/2021) GUSDURian Peduli menyalurkan bantuan berupa pipa HDPE untuk warga di desa Kawela dan desa Samasoge, di kecamatan Wotan Ulumado, Adonara, kabupaten Flores Timur, NTT. Bantuan pipa ini atas permintaan warga setempat, karena pipa saluran air bersih mereka hancur diterjang banjir bandang saat terjadi Siklon Tropis Seroja pada 4 April 2021 lalu.


Adalah Pak Hasyim, warga dusun Molong, desa Kawela yang sebelumnya menyampaikan hal ini kepada Tim GUSDURian Peduli saat melakukan assesment di wilayah tersebut. Dari informasi tersebut kemudian Tim GUSDURian Peduli yang ada di lapangan bertemu dengan aparat desa dan tokoh masyarakat yang ada di 2 desa tersebut. Dari hasil musyawarah antara masyarakat dengan Tim GUSDURian Peduli, kemudian diputuskan bentuk bantuan yang akan disalurkan berupa pipa HDPE.

Pipa HDPE (High Density Polyethylene) ini merupakan bahan plastik dengan karakteristik fleksibel dan tahan benturan. Pipa ini dipilih oleh warga sebagai jaringan induk air bersih karena pipa ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pipa logam atau pipa plastik lainya. HDPE terkenal sebagai bahan plastik yang non toxic dan aman digunakan untuk air konsumsi karena tidak akan mencemari air bersih yang mengalir di dalamnya dan anti karat.

Menurut keterangan dari Zulkifli, tokoh pemuda di dusun Molong, jumlah kepala keluarga di dusun Molong, desa Kawela yang mengalami kelangkaan air bersih karena kerusakan pipa ini sebanyak 167 Kepala Keluarga. “dari pendataan yang kami lakukan, setidaknya ada 167 KK yang mengalami kelangkaan air bersih” kata Zulkifli.

Sementara itu Kepala Desa Samasoge, Jamaludin Lahusen, menyampaikan setidaknya ada 110 KK di dua dusun yang mengalami kelangkaan air bersih, yakni dusun I (Wai Matan) dan dusun II (Uak Tukan). Selain itu saluran drainase sepanjang 50 meter juga luluh lantak dan perlu segera dilakukan perbaikan. “masyarakat sudah bergotong royong untuk memperbaiki saluran air bersih dan drainase, tapi tidak mampu jika hanya mengandalkan dana swadaya, butuh adanya bantuan dari pihak luar” paparnya.

A’ak Abdullah Al-Kudus, selaku Ketua Umum GUSDURian Peduli mengatakan bahwa Air adalah kebutuhan vital bagi makhluk hidup. Oleh karenanya lembaganya tidak perlu berpikir dua kali untuk membantu. Apalagi Rasulullah SAW pernah menyampaikan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud bahwa sedekah yang paling utama adalah Sedekah Air. “semoga bantuan dari orang baik yang disalurkan melalui GUSDURian Peduli ini bisa memberi manfaat untuk warga di desa Kawela dan Samasoge” pungkasnya. *  (A’ ak Abdullah Al-kudus ) 


Posting Komentar

0 Komentar