Unordered List

6/recent/ticker-posts

Menjadi Insan-Insan Teratai Yang Baik



Selasa, 25 Mei 2021, bertempat di aula Sekolah Insan Teratai, diadakan acara pelepasan 46 siswa-siswi kelas VI, SD Insan Teratai yang telah menyelesaikan proses pendidikan di jenjang sekolah dasar. Di hadapan murid-murid, guru-guru, perwakilan orang tua, komite sekolah dan Ketua Yayasan Insan Teratai Sejati, kepala sekolah SD Insan Teratai mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi seperti ini, guru-guru yang hadir di sini berandil dalam mengajar kalian. Lebih lanjut Bertha Retnaning selaku kepala Sekolah SD Insan Teratai mengingatkan siswa-siswi berkaitan dengan proses belajar di masa-masa sulit bahwa “kami bukan tidak cinta pada anak-anak tetapi kondisi yang tidak memungkinkan bagi kita untuk tidak bertemu.”

Walaupun tidak bertemu secara langsung di masa pandemi  ini, proses pembelajaran tetap berjalan dan ini merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab dari sekolah untuk memberikan pembelajaran secara daring. Di akhir sambutan singkatnya, Ibu Bertha mengharapkan agar anak-anak yang lulus tahun ini bisa bertumbuh menjadi dewasa dan sukses untuk meraih masa depan. Pelepasan yang dilakukan ini bukanlah akhir dari sebuah proses pendidikan tetapi merupakan permulaan untuk memasuki jenjang pendidikan pada sekolah menengah pertama.

Pelepasan yang dilaksanakan secara langsung dengan mengikuti protokol kesehatan ini, menjadi pengalaman pertama bagi siswa-siswi untuk bertemu dengan para guru. Mereka datang untuk acara pelepasan sekaligus perpisahan dengan SD Insan Teratai. “Perpisahan antara siapa dengan siapa?” Ini adalah pertanyaan yang dilontarkan oleh Ibu Siang Riani selaku Ketua Yayasan Insan Teratai Sejati dalam membuka sambutannya. Di hadapan hadirin yang hadir, Ibu Siang Riani selaku ketua Yayasan Insan Teratai Sejati menyadarkan anak-anak kelas VI sekaligus membangkitkan memori mereka akan sosok guru-guru yang pernah mengajar mereka di saat mereka berada di kelas 1 dan 2 SD. Guru-guru telah hadir dalam kehidupan siswa-siswi dan menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam diri anak-anak. Siswa-siswi kelas VI dilepaskan dari SD Insan Teratai tetapi diharapkan oleh Ketua Yayasan Insan Teratai Sejati untuk tetap “menjadi insan-insan teratai yang baik.”  

Mereka semua bisa belajar seperti bunga teratai yang tumbuh dan terus memancarkan mekar bunganya yang bagus untuk para mata yang memandangnya. Bunga teratai juga bisa bertahan tumbuh di tengah himpitan air yang keruh dan bahkan dilingkupi oleh lumpur. Siswa-siswi yang dilepas hari ini bisa belajar dari bunga teratai itu. Dalam sambutannya, Ibu Melly selaku ketua komite sekolah, merasa terharu dan bahagia karena siswa-siswi kelas VI bisa menyelesaikan proses pembelajaran dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Sementara itu, Ibu Tari selaku perwakilan orang tua memberikan pesan dan kesan terhadap sekolah SD Insan Teratai yang telah mendampingi anak-anak dan sekaligus membangun kepedulian para orang tua yang tidak mampu.

Rangkaian acara pelepasan ini juga dipadukan dengan acara sungkeman yang dilakukan oleh para siswa dihadapan guru-guru. Ada suasana haru dan gembira atas sebuah proses yang telah dilewatinya. Pada kesempatan itu juga diadakan secara simbolis, penyerahan anak-anak dari kepala sekolah SD Insan Teratai ke kepala sekolah SMP Insan Teratai. Penyerahan ini menandakan bahwa siswa-siswi sudah beralih ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.***(Valery Kopong)  

Posting Komentar

0 Komentar