Unordered List

6/recent/ticker-posts

Makarim :Rendah, Serapan Lulusan Perguruan Tinggi

 



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan  Program Merdeka Belajar  Kampus Merdeka (MBKM) menjadi salah satu program unggulan  pemerintah dalam mengatasi permasalahan  dunia pendidikan tinggi saat ini yaitu peneyarapan  tenaga kerja  dan relevansi lulusan  dengan dunia industri.

 “Tingkat serapan lulusan perguruan tinggi saat ini di dunia kerja memang masih rendah. Sampai Februari 2021, komposisi penyerapan tenaga kerja dari perguruan tinggi hanya sekitar 10,18 persen. Banyak tantangan juga yang harus dihadapi mahasiswa ke depan di antaranya adalah disrupsi teknologi dan otomasi dunia kerja yang memunculkan berbagai macama jenis pekerjaan,’’ kata Nadiem Makarim seperti dikutip media nasional,  termasuk Antara Kamis ( 3Juni 2021).

Dengan adanya  program MBKM maka para peserta didik dapat mengambil mata kuliah di luar program studi  selama tiga semester dan di luar kampus selama dua semester. Pertukaran pelajar , magang , riset  dan proyek kemanusiaan adalah beberapa kegiatan yang dapat diikuti  dalam program MBKM.

Mahasiswa di PT diharapkan dapat mengalami langsung ekosistem dunia kerja sehingga menjadi bekal kemampuan mereka dalam menjalani  dunia kerja di masa depan. Inilah bentuk transformasi dunia pendidikan yang diinginkan pemerintah yaitu kualitas lulusan yang relevan dengan dunia kerja dan berkompetensi tinggi. Wakil Rektor UI bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Dr, Renard Abdul Haris mengatakan sebagai upaya  untuk mendukung UBKM UI telah membentuk Center for Independent Learing (CIL)/Pusat Merdeka Belajar. CIL adalah sebuah unit di bawah bidang akademik dan kemahasiswaan yang berfungsi memfasilitas program MBKM di UI.

‘’Jadi fungsi utama adalah pusat data dan market place  mata kuliah sebagai pusat data dan market place mata kuliah.  Nantinya para peserta dapat mencari informasi dan mengumpulkan data proyek serta laporan MBKM mereka melalui CIL. CIL juga berperan melakukan monitoring evaluasi terhadap implementasi program MBKM di UI,’’ tambah Abdul Haris.

Proses birokrasi yang merepotkan memang menjadi salah satu tantangan penerapan MBKM di universitas. Untuk itu salah satu fungsi CIL adalah sebagai penyederhana birokrasi antara fakultas , program studi dan universitas dalam hal penyelenggaraan teknis MBKM.   

                                                                                                                                Rad Bahy

 

Posting Komentar

0 Komentar