Unordered List

6/recent/ticker-posts

Bersama Mengatasi Kendala Pembelajaran Daring



Solor Barat,  -- SITUASI pandemi covid 19 terus melanda negeri ini bahkan dari segi jumlah semakin meningkat. Meskipun demikian  tidak menyurutkan semangat para guru di wilayah Kec. Solor Barat, Flores Timur, NTT. Diakui bahwa saat ini begitu  banyak kendala dihadapi pembelajaran dalam jaringan (dalam jaringan) namun kami bekerja sama mengatasi kendala itu. “Kami terus mengatasi kendala pembelajaran daring, sulit jaringan, internet putus-putus dan  kami melakukan home visit (kunjungan rumah) untuk memastikan anak menyelesaikan tugas yang diberikan guru,’’ kata Elias  Ileatan Kolin,  Wakil Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Kec. Solor Barat, Flores Timur  ini, Rabu (7 Juli 2021).

‘’Kalau usia peserta didik SMP dan SMA sederajat mungkin mereka bisa mengikuti pemebalajaran daring karena usia mereka yang sudah cukup mengoperasikan handphone tapi kalau anak – anak PAUD, TK membutuhkan pendampingan apalagi dalam situasi pandemic covid seperi sekarang ini. Kunjungan ke rumah anak  - anak merupakan mutlak dilakukan untuk mengambil tugas yang diberikan,’’ jelas  alumni SPG Katolik Podor Larantuka, tahun 1989 ini.

Sekitar 5-6 bulan lalu wilayah Solor Barat memiliki struktur kepengurusan PGRI. Wadah profesi guru ini dikomandoi  Moses Mangu Niron, S.Ag. Ia mengatakan  dalam masa kepdiri kemimpinan guru SMAN Solor Barat secara bersama – sama memberikan perhatian serius bidang pendidikan di wilayah ini dengan sebaik-baiknya.

Elias menambahkan untuk wilayah Solor Barat terdiri dari 16 desa. Rata-rata setiap desa terdiri dari satu unit sekolah dasar (SD) kemudian PAUD, TK rata –rata 1-2 unit sedangkan SMP di wilayah ini terdiri dari 3 unit dan SMA (1) , SMAK (1) milik kementerian Agama RI.

Sebagai Kepala SDN Ongaleren, Solor Barat, Elias menambahkan dalam wadah PGRI inilah antarguru saling memberikan perhatian sehingga pelaksanaan pembelajaran daring terlaksana dengan baik. Sebagai guru, apapun kesulitan dalm proses belajar mengajar bisa ditumbuhkan kerja sama  mengatasi kesulitan. Mungkin tidak salah guru-guru perlu belajar dari pengalaman para gru di Solor Barat. ** Konradus R. Mangu

 

                                                Guru - guru Kec. Solor Barat 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar