Unordered List

6/recent/ticker-posts

Kisah Belanja Online 40 Juta / Bulan

 


                                                        Dafina Jamasir 

ARTIS Dafina Jamasir mempunyai kisah seorang  temannya yang menghabiskan uang  Rp 40 juta untuk belanja online  selama sebulan. Kisah yang diutarakan Dafina ini membuat banyak peserta  webinar terkaget-kaget. Uang sebanyak itu dihabiskan hanya untuk belanja online, ini merupakan pilihan atau gaya hidup masing-masing orang. Yang menjadi pertanyaan sebagai teman apakah  memiliki kecendrungan gaya hidup seperti itu? Dafina  secara tidak langsung mengatakan ia bukan tipe orang seperti ini.

Kisah tentang pengeluaran uang sebesar 40 juta terungkap saat Dafina Jamasir menjawab pertanyaan dari Tony Thamrin, moderator dalam Webinar Bakti Kominfo Pusat dan Kabupaten serta Ciber Kreasi yang diselenggarakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Flores Timur, NTT, Selasa ( 13 Juli 2021). Pertanyaan yang diajukan kepada artis yang dikenal dalam sinetron  “Suara Hati Istri “ ini  berkaitan dengan penghasilan rutin yang diperoleh lebih utama ditambung atau digunakan untuk belanja online.

Pola hidup atau kebiasaan yang pernah dijalankan Dafina tidak lepas dari keinginan akan hal-hal baru. Ia mengaku biasanya di lokasi shooting, saat break misalnya jika ada yang perlu dibeli  seperti makanan atau minuman yang baru maka ia merasa perlu untuk mencoba.

Menurutnya keuntungan belanja online,  Dafina mengatakan tidak perlu harus ke tempat barang diperlukan tapi cukup menggunakan handphone kemudian memesan lalu barang itu diantar. “Ini adalah kelebihan belanja online di mana konsumen hanya menunggu kemudian diterima,’’ kata  artis kelahiran Padang, 7 Agustus 1991.

Mulai dengan 1-2 bulan terakhir ini pola hidup Dafina sudah mulai dikurangi karena, setelah barang belanja online justru barang itu jarang dipakai. Ia mulai mengurangi belanja. Alasannya sehubungan dengan pekerjaan yang dijalankan selama  ini.  Ia mengaku bahwa kegiatan shooting  tidak selamanya akan berlangsung terus. Contohnya saat ini kegiatan mulai dikurang-kurangi otomatis mempengaruhi pendapatan sebagai artis.

Apa yang dikatakan artis yang menikah tahun 2019 ini bisa menjadi bahan refleksi bersama, bahwa hidup  dengan ola konsumtif berlebihan justru membawa dampak kurang baik dalam pengaturan ekonomi keluarga, antara menabung atau dengan melakukan  belanja online.

Webinar yang menghadirkan sejumlah kaum milenial itu Dafina berpesan menabung mesti lebih utamakan dari pada belanja online. Setiap orangpasti mempunyai rencana memiliki, mobil, tanah, usaha-usaha eknomi  yang akan dijakankan pada masa tua. Maka melalui usaha-usaha kreatif, perlu menabung kemudian membangun usaha secara mendairi di masa-masa tua.

Nasihat ini sangat penting. Faktanya orang memiliki keinginan tinggi kemudian membeli barang banyak ternyata barang dibeli itu tidak digunakan. Diakui pola hidup seperti ini pernah dilakukan Dafina sehingga barang di rumah cukup banyak dan menurutnya akan dipilih kembali untuk diberikan akan dijual kembali barang – barang itu.

Anjuran Dafina ini sangat relevan ketika semua orang berjibaku menghadapi pandemic covid 19, di lain pihak ada sejumlah artis  yang tanpa perasaan menunjukan dengan bangga  segala kemewahan. Mereka lebih banyak menunjukkan sikap pamer ketimbang memberikan bantuan kepada yang lain.



                                                    Tonny   dan     Oktavianus 

Webinar ini menghadirkan, Oktavianus Bali , Koordinator Taman Baca “Nubun Puhun” di Honihama yang melakukan secara kreatif pengalaman mengelaborasi kegiatan ekonomi yang kreatif termasuk tata kelola pemasaran jagung titi, makanan khas daerah tersebut.  Selain itu ada Lia Arianti (Co Founder) Maru Salmon Mental, sebuah perusahaan yang berbasis teknologi digital. ***  Konradus R, Mangu

Posting Komentar

0 Komentar