Unordered List

6/recent/ticker-posts

YKS Datangkan Ambulans Laut untuk Flores Timur

 


Larantuka –Gagas Indonesiasatu.com, Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) mendatangkan Ambulans Laut sebagai sarana transportasi rujukuan cepat antar pulau di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kehadiran Ambulans Laut ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di NTT yang dilengkapi juga dengan fasilitas kesehatan standar untuk rujukan emergency.

Kepada Media ini, Mansetus Balawala dari YKS mengisahkan, inisiasi YKS untuk menghadirkan Ambulans Laut berangkat dari kenyataan dimana banyak pasien, terutama dalam kasus-kasus emergency seperti ibu hamil dan melahirkan misalnya, terlambat mencapai rumah sakit rujukan karena harus menggunakan pelayaran umum. Terkadang ada ibu hamil yang melahirkan di atas kapal tanpa fasilitas pendukung. Karena sebagai daerah kepulauan, maka kehadiran Ambulans Laut sangat dibutuhkan masyarakat dan petugas kesehatan.

“Secara psikologis ini sangat mengganggu, karena harus melahirkan di atas kapal penumpang. Kalau sudah demikian, biasanya petugas kesehatan pendamping berusaha membantu dalam keterbatasan. Bayangkan perasaan ibu melahirkan dan keluarganya. Bila demikian yang terjadi maka petugas kesehatan berupaya membuat penyekatan dengan membentangkan kain untuk menghalangi pandangan penumpang agar ibu melahirkan bisa merasa lebih nyaman, meski sesunggunhnya dalam  ketidakn yamanan,” kisah Balalwala.     

Pelayaran umum demikian Balawala,  tidak bisa melayani dengan segera, karena harus menunggu jam keberangkatan. “Tidak mungkin hanya karena seorang pasien emergency, kapal harus berangkat sebelum jam keberangkatan,” terangnya.  

Lebih dari itu, pelayaran umum tidak bisa diandalkan untuk mencapai rumah sakit rujukan dengan segera karena kecepatannya standar dan tidak memiliki fasilitas kesehatan pendukung di dalamnya.

Hal lain yang menjadi pertimbangan YKS mengadakan Ambulans Laut, juga karena dalam berbagai kesempatan, para petugas medis yang berkarya di Pulau-Pulau di Flores Timur, mengaku kesulitan melakukan rujukan bila cuaca dan gelombang laut tidak bersahabat, terutama di saat musim hujan. Sebagai manusia, mereka juga merasa takut dan cemas ketika harus melakukan rujukan disaat cuaca sedang ekstrim. Pasalnya sarana transportasi laut yang ditumpangi tidak memiliki standar keselamatan yang memadai.

Kepada pemerintah Daerah Flores Timur, dalam hal ini Dinas Kesehatan selaku lembaga yang akan mengoperasikan Ambulans Laut, YKS berharap agar benar-benar digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat. Karena itu, agar sarana transportasi rujukan cepat yang telah didatangkan ini, bermanfaat dan berkelanjutan, maka perlu diperhatikan biaya pemeliharaan dan biaya operasionalnya. Mempercayakan kepada orang yang tepat untuk merawat dan selalu mengontrol  secara rutin semua hal yang berkaitan dengan perwatan dan pemeliharaan.

Untuk diketahui, kehadiran ambulans laut ini merupakan kerja sama YKS dan Kedutaan Jepang di Indonesia. Sebelumnya kerja sama YKS dan Kedutaan Jepang juga menhadirkan 3 unit Mobil Ambulans dan 11 unit sepeda motor untuk  menjangkau layanan kesehatan di pedesaan. (Mans Balawala)

 

Posting Komentar

0 Komentar