Unordered List

6/recent/ticker-posts

Inilah Ketua IKANTIM Kab. Berau 2021- 2026




Berau, Gagas Indonesia Satu 

MUSYAWARAH Besar  (Mubes) Ikatan Keluarga  Nusa Tenggara Timur  (IKANTIM)  berlangsung di Berau, (Jumat, 1 Oktober 2021 ) juga memilih kepengurusan periode 2021-2026. Lewat pemilihan yang berlangsung tertib itu terpilih   Agustinus Kadu Roman , sebagai ketua terplih  menyisikan dua kandidat lainnya yang berasal dari Manggarai dan  Ende. 


IKANTIM di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur  adalah paguyuban yang menghimpun masyarakat perantau asal Nusa Tenggara Timur (NTT). IKANTIM ini terdiri dari tujuh  (7) paguyuban dari kabupaten berbeda-beda di NTT. Paguyuban itu warga Manggarai,  Maumere, Bajawa, Flotim, Ende -Lio, Paguyuban Lembata  juga Tirosa  (Timor Rote dan Sabu). Saat ini IKANTIM  tersebar di wilayah Kab. Berau, di 13 kecamatan  dengan jumlah warga diperkiarakan  12.000 an orang. 


Sebelumnya untuk memilih calon ketua IKANTIM Berau telah dijaring calon ketua masing-masing  paguyuban yakni : Bonivasius Baban  (Manggarai),  Nikolaus Bai  ( Ende )  dan  Agustinus Kadu Roman ( Flores Timur - Tite hena). Setelah proses pemilihan dilakukan  A. Kadu Roman meraih  suara  sementara  Bonivasius Baban (20)  suara   dan  Nikolaus Bai ( 59 ) suara. 


Organisasi sosila kemasyarakatan   ini sejak lama terbentuk, sekitar tahun 1986. Tahun 1988  wadah ini  memperoleh pengakuan dari pemerintah setempat. Tujuan dari paguyuban ini  untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar warga perantau   di Berau. Biasanya pelayanan terhadap warga biasa dilakukan  saat  ada kedukaan, saat mengalami sakit  dan kegiatan lainnya yang melibatkan  seluruh masyarakat. "Kalau  ada event  dari  pemerintah  daerah, paguyuban ini diminta terlibat  oleh pemerintah setempat,'' jelas Agustinus. 

Agus Kadu menjelaskan  dua program utama yang akan dikerjakan  selama masa kepemimpinan yaitu, akan membangun satu sekretariat  yang digunuakan untuk pertemuan  semua anggota. Selama ini  ia wadah ini belum ada sekretariat  dan rencana lain akan melakukan pengadaan satu unit ambulans yang diperuntukkan bagi kelompok IKANTIM ke depan. "Kalau saya lihat paguyuban daerah lain sudah ada fasilitas seperti  ambulans,''  katanya  sambil mengharapkan dukungan semsua anggota  mendukung rencana ini. 

Untuk melengkapi  kepenguruan IKANTIM 2021-2026 diberikan otoritas ketua terpilih  dengan mengendar usul dan saran semua pengurus dari ketujuh  peguyuban . Setelah itu pada bulan November 2021, kata  Agus akan dilantik  oleh Bupati  Kab Berau, H. Sri Juniarsi Mas  ***  (Valery Kopong)  






Posting Komentar

0 Komentar