Unordered List

6/recent/ticker-posts

Loeky Tjoa Pimpin SMGM untuk Kedua Kalinya



Larantuka, Gagas Indonesia Satu.com

 Fransiakus Luky Tjoa, kembali terpilih untuk kedua kalinya menjadi Ketua Umum  Sahabat Mgr. Gabriel Manek, SVD(SMGM) periode 2021 - 2024.


Sebelum pemilihan dimulai, terjadi perdebatan alot dari para peserta yang memiliki hak suara. Ada peserta yang menghendaki agar mekanisme pemilihan harus disesuaikan dengan mekanisme yang umumnya  berlaku pada organisasi manapun dengan mendemisionerkan terlebih dahulu pengurus sebelumnya dan membentuk tim formatur untuk  memimpin proses pemilihan. Sementara peserta lain menghendaki agar pemilihan dilakukan sesuai tradisi pemilihan di SMGM sebagaimana yang sudah dirancang dan dibacakan pengurus pusat. Hal ini akan lebih efektif mengingat keterbatasan waktu.


Pantauan media ini, mekanisme pemilihan  difasilitasi langsung oleh pengurus pusat dengan membacakan  tata tertib pemilihan  Ketua Umum sesuai statuta SMGM. Adapun  dalam pemilihan tahap pertama, peserta aktif akan mengusulkan calonnya masing-masing. Selanjutnya, lima  calon yang mendapatkan suara terbanyak berhak untuk mengikuti pemilihan tahap kedua. 


Dalam pemilihan tahap pertama,  terdapat enam nama  calon yang diusulkan.   Dari enam nama itu,  Fransiskus Loeky  Tjoa mendapat 113 suara, Vonny Keintjem  mengantongi 4 suara, Inyo 2 suara dan tiga nama lainnya masing -masing Edy Tjoa, Adrianus Magnus Kobesi, dan  Imelda masing-masing mengantongi 1 suara. 


Melihat perolehan suara Fransiskus Loeky Tjoa yang jumlahnya  jauh melampaui lima  kandidat lainnya,   semua peserta Munas akhirnya  menyepakati Luky Tjoa sebagai Ketua umum SMGM untuk priode kedua yakni 2021 - 2024 tanpa melanjukan pemilihan ke tahap II.


Loeky yang diberi kesempatan bicara usai dipilih menjadi ketua SMGM  untuk kedua kalinya, menyatakan kesediaanya dan mengaku  baru kali ini dirinya mau menerima  menjadi  pemimpin untuk periode kedua. 


"Biasanya saya tidak mau jadi pemimpin  untuk dua periode, namun kali ini saya menyanggupi untuk menjadi ketua  SMGM periode kedua," ujar Loeky sambil menangis haru di hadapan peserta.


Ia lalu memanggil isterinya untuk tampil bersamanya. dihadapan peserta Loeky  meminta restu dan dukungan sang isteri dan menyampaikan bahwa keberhasilannya memimpin SMGM diperiode pertama tidak terlepas dari dukungan sang isteri Selvyna Thia. 


Suster pemimpin Umum PRR, M Gratiana ikut memberikan peneguhan kepada Loeky. Ia menyampaikan pemilihan Loeky untuk periode kedua bukan hanya soal menjadi ketua namun lebih dari itu, Loeky adalah pendiri dan perintis hadirnya komunitas SMGM.


"SMGM ibarat  anak yang masih kecil. Karena itu yang menabur, masih harus bertanggung jawab untuk membesarkannya. Sebelum muncul tunas yang bisa meneruskan, maka pendirilah yang harus bertanggung  jawab untuk meneruskan, " ujar suster Gratiana dan menambahkan apabila tunas - tunas itu belum mampu memimpin SMGM  yang sudah mulai besar, maka SMGM bisa pecah. Karena itu dengan kekuatan Roh Kudus, Loeky akan mampu membawa SMGM menjadi lebih besar lagi. 


Pemilihan Ketua Umum SMGM ini berlangsung dari pukul 19.00 - 22.00 Wita  bertempat di Penginapan St. Maria Onga Larantuka. (mans)

foto : F. Lucky Tjoa, menggunakan shal

Posting Komentar

1 Komentar