Unordered List

6/recent/ticker-posts

Uskup Baucau, Mgr Basilio do Nascimento Berpulang


                                           Uskup Baucau, Mgr Basilio do Nascimento
                                                                                                                                     
Timor Leste, Gagas Indonesia Satu - - -

USKUP  Baucau, Mgr. Basilio do  Nascimento berpulang menghadap Sang Pencipta , Sabtu  ( 30 Oktober 2021) di Rumah Sakit  Nacional  Guido Valadares  (HNGV)  setelah mengalami serangan jantung, sebuah sumber  di Gereja katolik Leste mengatakan kepada  media cetak dan daring.

Informasi tentang perpulangnya Gembala Umat Baucau dihimpun Gagas Indonesia Satu, menyebutkan bahwa  Uskup Basilio do Nascimento,  adalah asli Suai  pada bulan  Juni 2021, genap berusia  70 tahun , menjadi salah satu suara yang paling poluler  pada periode sebelumnya referendum 1999, dengan komentarnya tentang   situasi Timor Leste yang secara teratur dicari olegh para jurnalis, terutama Potugis.

Uskup yang di masa lalu memimpin Konferensi Timor Leste  (CET), menderita serangan jantung dikota Maliana, bagian barat daya Dili, semula diterbangkan ke ibu kota akhirnya meninggal dunia (berpulang) di HNGV.

Ditahbiskan tahun 1977, Basilo tinggal di Paris  sampai tahun 1982, ia menyelesaikan pelatihan akademisnya , melakukan perjalanan tahun itu ke Vora, menjadi imam paroki Cano dan Cara Branca (Sousel)  dan Santa Vitoria do Ameixial  (Ezremoz).

Tahun 1994 ia kembali ke Keuskupan Dili dan tanggal 30 November 1996 ia diangkat Paus Yohanes sebagai Administrator Apostolik Baucau dan Uskup Septimunucia menjadi Uskup Tituler keuskupan tersebut, yang kedua di  negara itu  sejak 6 Maret 2004. Selanjutnya pada  7 Desember  1999 dianugerahi Portugal  dengan gelas Grand Cross of the Order of Liberty.

Berpulangnya Uskup Basilio meninggalkan duka mendalam bagi  seluruh umat Katolik Timor Leste, bahkan ucapan berduka cita menghias media social. ***  (Rad Bahy)

Posting Komentar

1 Komentar