Unordered List

6/recent/ticker-posts

Apa Bedanya Katolik dan Kristen Protestan?

 

Ketika mengajar Agama Katolik pada siswa-siswi kelas XII yang bersekolah di sekolah negeri, ada sesuatu yanga menarik untuk diperbincangkan terkait dengan keberadaan agama-agama di Indonesia. Sampai saat ini, negara mengakui 6 agama resmi yang masing-masing agama ini tentu memiliki sejarah panjang perjalanannya. Pada pertemuan hari Jumat, 21 Januari 2022, kami berbicara tentang agama Kristen Protestan. Dalam sejarah perjalanannya, Agama Kristen Protestan bermula ada bersama dengan Agama Katolik. Tetapi terjadi gerakan yang dipelopori oleh Martin Luther,  juga diikuti oleh Yohanes Calvin yang melahirkan Gereja Calvinis,  dan Raja Henry VII yang melahirkan Gereja Anglikan.

sumber: www.orami.co.id

Martin Luther yang dulunya dikenal sebagai seorang imam Katolik, menyoroti pelbagai hal yang dipraktekan dalam Gereja Katolik dan berseberangan dengan Paus di Roma. Bila dilihat dalam sejarah perjuangannya, sebenarnya Martin Luther tidak punya niat untuk memisahkan diri dan  membangun Gereja baru. Tetapi karena terbawa oleh pengaruh dari banyak pihak yang menghendaki reformasi Gereja yang sangat kuat di Eropa saat itu maka gerakan Lutheran berhasil memisahkan diri dan membangun Gereja Lutheran. Gerakan ini juga kemudian diikuti oleh Yohanes Calvin yang kemudian mendirikan Gereja Calvinis.

Sementara itu, sejarah perjalanan Gereja Anglikan agak sedikit berbeda. Bermula dari Raja Henry VII yang ingin menceraikan isterinya dan ingin menikah lagi, tetapi permintaannya ini ditolak oleh Roma. Atas peristiwa ini maka Raja Henry VII mengumumkan diri tidak hanya sebagai raja tetapi juga sebagai pemimpin Gereja Anglikan. Gereja Anglikan ini berkembang di Inggris dan memiliki keunikan tersendiri karena masih mempertahankan corak kekatolikan, seperti adanya tahbisan imam, uskup dan diakon.

Apa yang bisa kita timbah dari pergolakan sejarah perjalanan Gereja pada masa lampau? Dengan adanya gerakan menentang beberapa hal yang dipraktekkan dalam Gereja Katolik dan juga menyoroti kemerosotan moral dalam Gereja Katolik, maka secara tidak langsung membuka mata Gereja Katolik untuk berani membenahi diri dan mempertahakan kemurnian ajaran iman Katolik.  

Apa saja yang menjadi kesamaan dan titik pembeda antara Katolik dan Protestan? Keduanya memiliki banyak kesamaan tetapi juga memiliki perbedaan, yakni:

KATOLIK

PROTESTAN

Tekanan ada pada sakramen dan pada segi sakramen (tanda kelihatan) dari karya keselamatan Allah.

Tekanan pada sabda / pewartaan dan pada segi misteri karya Allah.

Kultis, yang mementingkan kurban (Ekaristi). Hubungan dengan Gereja menentukan hubungan dengan Kristus

Profetis, yang terpusat pada sabda (pewartaan). Hubungan dengan Kristus menentukan hubungan dengan Gereja.

Gereja secara hakiki bersifat hirarkis.

Segala pelayanan gerejawi adalah ciptaan manusia.

Kitab Suci dibaca dan dipahami di bawah pimpinan hirarki.

Setiap orang membaca dan mengartikan Kitab Suci

Jumlah Kitab Suci 73, termasuk Deuterokanonika yaitu, 1,2 Makabe, Sirakh, Kebijaksanaan, Tobit, Yudith dan Barukh

Jumlah Kitab Suci 66, tidak termasuk Deuterokanonika

Ada 7 sakramen

Ada 2 sakramen, yaitu sakramen Baptis dan Ekaristi / Perjamuan.

Ada devosi kepada para kudus.

Tidak menerima devosi kepada para kudus.

Memang, ada perbedaan yang bisa dilihat di atas, tetapi masih banyak persamaan antara Katolik dan Protestan. Karena itu ada gerakan ekumenis yang dilaksanan selama ini untuk membangun persaudaraan antara Katolik dan Protestan.***(Valery Kopong)

Posting Komentar

0 Komentar