Unordered List

6/recent/ticker-posts

Kolaborasi Guru – Orangtua Tumbuhkan Karakter Anak


 

Tangerang, Gagas Indonesia Satu.com

LEMBAGA Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Setia Bhakti  terus dan sedang berusaha terus komitmen mengembangkan pendidikan karakter walaupun saat ini dilakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Meski  pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sekolah yang beralamat di Jalan Kisamaun No 171 Tangerang terus memberikan perhatian dalam hal menerapkan kedisiplinan  dan penanaman nilai –nilai karakter anak.

Demikian dikatakan Kepala SMK Setia Bhakti, Djoko Suharto, S.Pd , MM saat menjawab pertanyaan orangtua murid kelas 12 dalam acara Parenting yang berlangsung di ruang SD Setia Bhakti,  Sabtu ( 29 Januari 2022). Menurutnya kerja sama atau kolaborasi guru-orangtua untuk menumbuhkan karakter anak.  Penegasan itu sebagai komitmen sekolah ini untuk terus mengawal dan menumbuhkan sikap dan karakter positif   dalam diri anak melalui pembelajaran daring. Seperti diketahui pembelajaran PJJ ditengarai ikut memberikan pengaruh negative terhadap sikap dan karakter anak karena  kurangnya pendampingan terhadap anak.

Penanaman nilai sikap karakter anak diakuinya tidak dilakukan sendiri oleh guru. Dengan diberlakukan PJJ kembali berarti orangtua memiliki waktu yang cukup untuk mendampingi putera – puterinya mengikuti pembelajaran daring. Ketika PJJ dilakukukan, lanjut Djoko Suharto para guru tetap melakukan langkah-langkah menerapkan disiplin. Misalnya ketika sedang mengikuti PJJ  layar camera harus diaktifkan sehingga dapat memastikan siswa –siswi SMK itu sedang mengikuti pelajaran atau tidak.

‘’Berhubungan dengan pembinaan karakter, lembaga pendidikan SMK Setia Bhakti beberapa kali melakukan kegiatan webinar melibatkan nara sumber mumpuni. Pembinaan yang betema literasi itu dengan harapan karakter anak terus dibangun, dipupuk sehingga mereka pun memiliki wawasan yang luas,’’ kata Djoko Suharto dihadapan 100- an orangtua murid kelas XII .

Kegiatan parenting diawali penjelasan mengenai sejarah keberadaan SMK Setia Bhakti, visi dan misi serta tujuan yang ingin dicapai setelah peserta didik menjadi bagian dari lembaga pendidikan yang didirikan Lembaga Keagamaan dan Sosial, Boen Tek Bio (BTB). Slenjutnya Djoko Suharto memaparkan rencana kegiatan secara umum bagi kelas XII selama enam bulan dengan berbagai kegiatan  sampai dengan kegiatan akhir tahun ajaran 2021/2022.

Selain kegiatan parenting mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Lulusan”, acara diisi dengan pengenalan Universitas Buddi Dharma (UBD) Tangerang. Lembaga pendidikan ini juga merupakan milik perkumpulan keagamaan dan sosial, Boen Tek Bio (BTB) Tangeran.

Kegiatan diikuti orangtua siswa-siswi kelas XII secara tatap muka dan daring. Ikut dalam kegiatan, para walikelas 12 semua jurusan. ***  (Konrad Mangu)



Posting Komentar

22 Komentar

  1. Terlalu banyak typo, diperbaiki dilain waktu

    BalasHapus
  2. Menurut saya dalam pengembangan karakter siswa atau anak, orang tua harus membimbing dan mendidik anak sewajarnya, jangan terlalu mengekang atau melarang anak berlebihan, terlebih lagi orang tua harus mendukung kreativitas anak apapun yang dia sukai harus didukung oleh orang tua

    BalasHapus
  3. Menurut saya, dengan diadakannya acara parenting antara orang tua dengan guru ini dapat mengembangkan karakter positif anak dengan lebih maksimal. Dalam mengembangkan karakter anak harus ada peran aktif dari guru maupun orang tua. Peran SMK Setia Bhakti dalam mengadakan webminar untuk membina karakter murid juga patut di berikan apresiasi. Dan kegiatan parenting ini bukan hanya membahas mengenai pengembangan karakter anak, melainkan juga membahas tentang peningkatan kompetensi anak untuk bisa lulus dengan baik dari SMK Setia Bhakti.

    Susunan artikel ini sudah baik dan menarik untuk dibaca, tetapi masih ada beberapa kesalahan pengetikan (typo). Sebaiknya kedepannya penulis harus lebih cermat dan fokus lagi dalam mengoreksi kata satu persatu.

    Dari : Oktaviani Gunawan, XII OTKP

    BalasHapus
  4. Menurut saya Dengan adanya acara parenting ini komunikasi orang tua dengan guru akan terjalin kerjasamanya dan dapat menumbuhkan karakter anak.Kerennn pokoknya mahh👍 name:debycalista (XII OTKP)

    BalasHapus
  5. Menurut saya SMK Setia Bhakti mengadakan kegiatan parenting ini bagus karena bertujuan untuk mengembangkan karakter anak.
    Ada dua faktor yang memengaruhi pembantukan karakter, yaitu bawaan dari dalam diri anak dan pandangan anak terhadap dunia yang dimilikinya, seperti pengetahuan, pengalaman, prinsip-prinsip moral yang diterima, bimbingan, pengarahan dan interaksi hubungan orangtua-anak. Hubungan orang tua dan anak juga penting untuk mengembangkan karakter anak.

    (Cyndi Patricia XII OTKP)

    BalasHapus
  6. Karakter seperti yang dimaksud sekolah yang ingin dibangun dari siswa siswi nya ? Dan progres seperti apa yang sudah dilakukan sekolah untuk merealisasikan hal tersebut. DIANA NATALIA, XII OTKP

    BalasHapus
  7. menurut saya,Pertemuan antara orang tua dan guru bisa dijadikan sarana untuk sharing terkait rencana program dan tujuan yang ingin dicapai bersama antara pihak sekolah maupun orang tua.

    (Ivan budhistan XII OTKP)

    BalasHapus
  8. Menurut saya, dengan adanya kegiatan acara parenting, siswa dengan orang tua serta guru dapat mengembangkan karakter dengan baik, dan memiliki wawasan yg lebih luas.
    Dari artikel yang sudah di tulis oleh penulis keren, tetapi untuk kedepannya bisa lebih di perbaiki dan tidak ada yg typo. Terimakasih
    -Della Winata, XII OTKP

    BalasHapus
  9. Menurut saya dengan diadakan nya parenting dapat membuat karakter yang positif dan membantu siswi menjadi lebih dewasa dalam hal apapun
    Dengan diadakannya parenting juga dapat menjalin hubungan kerja sama antara guru dan orang tua murid untuk membangun karakter siswa tersebut dengan baik

    Aurora elshanda XII OTKP

    BalasHapus
  10. Menurut saya diadakan kolaborasi guru dengan orang tua murid memberi dampak positif,seperti terjalinya komunikasi guru & orang tua murid , dan orang Tua tau bagaimana murid kalau disekolah diajakarkan seperti apa, dan yang pasti nilai dan lain lain

    Nama : kolose kasih XII OTKP

    BalasHapus
  11. Menurut saya dalam pengembangan karakter siswa atau anak,yaitu bawaan dari dalam diri anak dan pandangan anak terhadap dunia yang dimilikinya.

    BalasHapus
  12. Menurut saya dengan mengadakan kegiatan parenting orang tua siswa/siswi dengan para guru sudah sangat bagus yang bertujuan untuk mengembangkan karakter anak dengan positif. Mengembangkan karakter anak itu juga harus adanya interaksi yang aktif dari orang tua dan guru apalagi disaat pembelajaran pjj saat ini,dan orang tua serta guru juga harus lebih mendukung/membangkitkan kreativitas yang sudah dimiliki setiap anak.

    Susunan nya sudah sangat menarik tetapi masih banyak sekali kesalahan pengetikan sehingga pembaca bingung untuk membacanya.

    (Esteria Sihombing,XII.OTKP)

    BalasHapus
  13. Menurut saya diadakan kolaborasi guru dengan orang tua murid memberi dampak positif,seperti terjalinya komunikasi guru & orang tua murid , dan orang Tua tau bagaimana murid kalau disekolah. Dan itu sangat bagus

    BalasHapus
  14. Pendapat saya adalah untuk membangun sinergisitas dan kerja sama antara orang tua dengan pihak sekolah serta para guru. Materi yang dibahas dalam rapat tersebut terkait dengan kurikulum, proses pembelajaran, penilaian, tata tertib, media dan sumber belajar yang digunakan, serta kegiatan ekstrakurikuler yang akan diikuti oleh peserta didik.

    Membangun dan menjaga komunikasi yang baik dengan para orang tua serta kesepahaman bersama akan proses pembelajaran menjadi langkah yang tepat dalam pembelajaran jarak jauh seperti ini.

    Nama : Risma Regina
    Kelas : XII.OTKP
    Mapel : Bahasa Indonesia

    BalasHapus
  15. Menurut saya dengan diadakan nya kolaborasi dengan orang tua murid sangat memberi dampak positif apalagi dengan membahas tentang pengembangan karakter anak. Dengan adanya kegiatan parenting bukan hanya membahas tentang kegiatan anak- anak di sekolah juga dapat memperkuat terjalinnya komunikasi antar guru dan orangtua.


    Chalista natania
    XII OTKP

    BalasHapus
  16. Walaupun Saat Ini dilakukan pembelajaran secara daring / pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) LEMBAGA Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Setia Bhakti tetap berusaha untuk terus berkomitmen mengembangkan pendidikan karakter dengan terus memberikan perhatian dalam hal menerapkan kedisiplinan dan penanaman nilai nilai karakter anak.

    Menurut pak Djoko Suharto, S.Pd selaku kepala sekolah smk setia bhakti Kerja sama atau kolaborasi guru-orangtua dapat menumbuhkan karakter anak. Penegasan itu sebagai komitmen sekolah ini untuk terus mengawal dan menumbuhkan sikap dan karakter positif dalam diri anak melalui pembelajaran PJJ. Orang tua juga harus memberikan pengaruh positif terhadap sikap dan karakter anak karena mungkin sebelumnya kurangnya pendampingan terhadap anak.

    ''Berhubungan dengan pembinaan karakter, lembaga pendidikan SMK Setia Bhakti juga telah beberapa kali melakukan kegiatan webinar melibatkan sumber daya yang mumpuni. Pembinaan yang betema literasi itu dengan harapan karakter anak terus dibangun, dipupuk sehingga mereka memiliki wawasan yang luas.

    Menurut saya
    Dari upaya upaya yang diberikan SMK SETIA BHAKTI dengan berkomitmen mengembangkan pendidikan karakter perlu diapresiasi dan juga perlu dilaksanakan dalam pembelajaran jarak jauh (Pjj) maupun pembelajaran tatap muka terbatas. Selama pembelajaran jarak jauh berlangsung peran orang tua dan guru juga penting dalam membangun sikap dan karakter anak dalam menyesuaikan pembelajaran secara online (daring) maupun pembelajaran tatap muka terbatas. Oleh karena itu perlu adanya kerja sama diantara para guru dengan orang tua dan murid.

    Untuk secara keseluruhan artikel yang dibahas cukup mudah dimengerti namun ada beberapa kesalahan pengetikan Oleh karena itu perlu Direvisi kembali.

    Nama : Michael Justisio
    Kelas : XII OTKP
    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

    BalasHapus