Unordered List

6/recent/ticker-posts

Uskup Emeritus Keuskupan Manokwari - Sorong Meninggal Dunia


Jakarta, Gagas Indonesia Satu.com 

USKUP  Emeritus  Keuskupan  Manokwari – Sorong, Mgr. Hadisumarta  O.Carm meninggal dunia, 03.31, Sabtu ( 12 Februari 2022) di Jakarta. Uskup yang  berusia  89 tahun.

Sosok uskup kelahiran Ambarawa , 13 Desember 1932 ini dikenal sangat dekat dengan umat yang dipimpinnya. Ia pun dikenal terlibat langsung dalam kehidupan umat saat bertugas sebagai Uskup di Manokwari. Melalui penggembalaan umat di sana dikenal komunitas basis menjadi kekuatan pastoral di Manokwari- Sorong.

Meski tak lagi menjadi Uskup Manokwari – Sorong, Uskup yang selama ini beradadi Jakarta selalu  bertanya mengenai perkembangan umat yang ada di sana.

Sebelumnya Uskup Hadi terlihat segar namun ia mengeluh terkait tulang belakang. Ia menceritakan  ada tiga ruas tulang belakang yang harus dioperasi di Singapura. “Meski ada penyangga tulang belakang ia tetap berusaha hadir atau memimpin misa,’’ ungkapnya seperti dikutip kepada media Katolik di Jakarta.

Sejak 14 tahun Uskup Hadi berada di Wisam  Carmel Jakarta. Ia mengaku  lebih ingin hidup lebih tenang, di pedesaan. Ia mengatakan Jakarta terlaku bising, udaranya membuat orang  hidup wajar namun tidak sehat.

Selama 15 tahun Uskup Hadi memimpin Keuskupan Manokwari – Sorong. Ia mengaku bahagia dekat dengan umat di sana. Ia mengatakan hidup di sana, bersama umat  mengubah pola pikir dan kebiasaan, budaya dan semangat hidup.

Itulah Uskup Emeristus Keuksupan Manokwari. Ia telah melewati berbagai pengalaman besama umat di sana. Sebagai umat beriman kita mengenang kebaikannya semoga diterima dalam Rumah Bapa di Surga.

 

Jika ada umat yang ingin mengikuti peribadatan pemakaman beikut agendanya.

Sabtu, 12 Februari 2022

Jenazah dibawa ke Aula Gereja MBK Tomang

Minggu, 13 Februari 2022  (pkl 12.00)

Ibadat Penutupan Peti

Minggu, 13 Februari 2022 ( pkl 17.00)

Ibadat Arwah

Senin, 14 Februari 2022 ( 18.00)

Misa Requiem bersama Uskup Kardinal Ignatius Suharyo

Senin, 14 Februari 2022 (pkl 21.00)

Jenazah dibawa Ke Malang , Jawa Timur

Selasa, 15 Februari 2022  ( 18.00)

Misa Arwah di Katedral Malang

Kamis, 17 Februari 2022 (pkl 09.00)

Misa Requiem besama Uskup Malang , pemakaman Uskup di Sukun , Malang.

(Konradus R. Mangu)


Posting Komentar

0 Komentar