Unordered List

6/recent/ticker-posts

Menunggu Realisasi Janji Umat St. Gregorius Agung Kuta Bumi, Apa Itu?

 menepati janji

Kuta Bumi, Gagas Indonesia Satu.com- - - 

PERAYAAN Paskah adalah pesta Kebangkitan Yesus, bukanlah semata-mata  suatu  peryaan rutin dilaksanakan setiap tahun,  melainkan perayaan iman yang dilakukan meriah dan penuh makna.  Seperti  yang dinubuatkan Nubuat Yehesekil, “Kamu akan kuberi hati baru di dalam hatimu,’’. Sehubungan dengan pembaharuan janji baptis seluruh umat akan mengulang janjinya itu, maka perlu diwujudkan dalam kehidupan setiap hari.

‘’Permenungan selama 40 hari masa Pra Paskah umat melakukan latihan-latihan rohan, menjalankan puasa dan pantang maka dari proses itu membuahkan hasil nyata dalam kehidupan rohani umat,’’ demikian dikatakan R.D  Cosmas Wahyu Christian Wijaya, Kepala Pastor Paroki Kuta Bumi, Tangerang dalam kotbah Ekarisi Kudus, misa malam Paskah, Sabtu  ( 16 April 2022).

Rm Wahyu   menjadi konselebran utama di paroki Kuta bumi, Tangerang didampingi pastor  R.D Yosep Purboyo Diaz juga Frater Galih. Ekaristi diawali dengan upacara cahaya di depan gereja setempat 1.500 umat  yang telah mendaftar menggunakan bela rasa dan KTP masing-masing.

Rm. Wahyu menceritakan sebelum menjadi pastor, selama menjadi frater pernah bertugas di  Rumah Retret CIVITA. Suatu ketika ia mendampingi  anak-anak SD. Ia bertemu dengan anak yang memiliki yang dilayani  dengan sangat sempurna oleh kedua orangtua, sementara pengalaman  anak-anak lain  mereka harus melewati pengalaman membantu orangtua  dengan berbagai usaha dan cara. “Ada anak yang sangat mudah dipenuhi kebutuhan oleh orangtua namun ada juga anak yang harus melewati pengalaman membantu orangtua, bahkan harus membantu ikut menjual di pasar,’’ kata imam ini.

Pengalaman seorang anak, yang menyampaikan  sharing kehidupan  di rumah, lanjut Rm Wahyu, sangat gampang dipenuh oleh orangtua sedangkan anak-anak lainnya mengaku setelah pulang sekolah ia harus ke pasar membantu kedua orangtuanya  berjualan sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Pesan penting dalam kisah ini, kadang kala umat ketika berdoa  maka isi doanya itu hanya meminta dan terus meminta. Banyak orang lupa untuk mengucapkan rasa syukur  apa yang telah dialami, telah diterima. “Maka dalam setiap kali doa perlunya rumusan kalimat menyatakan syukur,’’ tambah Rm . Wahyu.

Rm. Wahyu mengajak seluruh umat merenungkan  hal-hal yang telah dilakukan selama masa Pra Paskah. Pada saat memasuki Paskah maka perlu memunculkan pribadi-pribadi yang memiliki semangat baru dalam hidup menggereja.”Besok kita merayakan Paskah, harapannya menjadi pribadi-pribadi yang penuh semangat menggereja dan melayani,’’ katanya.

Dikatakan, bagi semua yang masih berziarah di dunia ini terus menunjukkan semangat hidup, khususnya doa-doa, dalam wujud hidup rohani tekun dalam tugas perutusan dilaksanakan  dendgan jujur dan bertanggungjawab.

‘’Sebagai umat beriman mempunyai panggilan sebagai saksi-Kristus. Kalau kita sudah menyadari kasih Allah nyata dalam hidup kita maka, kita perlu bersaksi,’’ kata Romo Wahyu.

Di hadapan seluruh umat, Rm. Wahyu menjelaskan baru setahun melaksanakan tugas di paroki Kuta Bumi bersama pastor rekan, Yosep Purboyo Diaz.  Ia berharap posisinya mengganti RD. Yustinus Sulistiadi yang pindah ke paroki lain,  meningkatkan semangat umat dalam hidup menggereja.

Kepada seluruh umat, ia meminta agar umat mewujudkan janji-janji baptis yang diungkapkan kembali malam Paskah. Bahkan Rm Wahyu  meminta  umat untuk menunjuk tangannya akan aktif menggereja  setelah merayakan Paskah ini. Terlihat sebagian besar umat menunjukkan tangannya lalu mengatakan kesanggupannya.

Misa malam Paskah itu terlihat meriah. Antusias umat mengikuti kegiatan ini sangat terlihat, buktinya aplikasi  belarasa yang diminta umat antusias mengisinya, bahkan  dengan menggunakan KTP. Akankah umat merealisasikan janji baptis dengan ikut hdir di gereja, aktif dalam pelayanan seperti diungkapkan  dengan terang lilin Paskah? Kita tunggu!  ***   Konradus R Mangu

Keterangan foto: Frater Galih, Rm Wahyu  dan Rm Purboyo

Posting Komentar

0 Komentar