Unordered List

6/recent/ticker-posts

Komunitas Purna Migran Lembata Ikut Vaksinasi Covid -19

 



Lembata, Gagas Indonesia Satu.com - - -

Komunitas Purna Migran Kabupaten Lembata asal Ile Ape dan Ile Ape Timur  bersama anggota keluarganya mengikuti kegiatan vaksinasi Covid - 19 dosis II dan III (Booster) yang dilakukan secara serempak di Ile Ape dan Ile Ape Timur, Jumat, (20/5-2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Waipukang untuk komunitas purna migran Ile Ape, dan di Desa Lamatokan untuk komunitas purna migran    Ile Ape Timur itu, difasilitasi Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) bekerja sama dengan Migrant Care Jakarta, serta Puskesmas Waipukang dan Puskesmas Lamaau dengan dukungan Inklusi.

Komunitas purna migran yang mengikuti kegiatan vaksinasi covid-19 ini,  berasal dari desa Dulitukan, Tagawiti dan Beutaran untuk Kecamatan Ile Ape, dan Desa Lamatokan, Lamawolo dan Bao Lali Duli untuk Kecamatan Ile Ape Timur.

Data yang dihimpun media ini dari pendamping YKS, Emiliana Lein dan Maria Theresia Abong menyebutkan,  jumlah komunitas pekerja migran di tiga desa di  Kecamatan Ile Ape  dan Ile Ape Timur yang ikut dalam kegiatan vaksinasi ini sebanyak 134 orang dengan rincian penerima vaksin dosis pertama 6 orang, dosis kedua 34 orang dan Booster sebanyak  95 orang.

Bila dirinci per wilayah maka penerima vaksinasi untuk komunitas pekerja migran Ile Ape 23 orang dan Ile Ape Timur 111 orang.

Kegiatan vaksinasi ini merupakan rencana tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi vaksinasiasi yang dilakukan sebelumnya di aula Kantor Desa Tagawiti, Kecamatan Ile Ape, (27/4-2022) lalu.  Sosialisasi ini dilakukan sehubungan dengan animo dan antusiasme masyarakat yang semakin menurun untuk mengikuti vaksinasi covid-19, meski pandemi ini belum juga berakhir.

Pantauan media ini di lapangan,  pukul 09.00 Wita, warga sudah  datang dengan menumpang angkutan yang disiapkan YKS menuju ke Puskesmas Waipukang dan Kantor Desa Lamatokan untuk divaksinasi.

Koordinator YKS, Mansetus Balawala kepada media ini, menyampaikan cakupan layanan vaksinasi yang menjadi target YKS sesuai pendataan awal sebanyak 201 orang, namun dalam perjalanan ada yang sudah melakukan vaksinasi secara mandiri dan ada juga komunitas yang berhalangan hadir dengan berbagai alasan termasuk ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan oleh mereka.



Terhadap kegiatan vaksinasi yang berjalan sukses, Balawala  menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepala Puskesmas Waipukang  dan Lamaau yang telah bekerja sama dalam memberikan layanan vaksinasi kepada komunitas purna migran. Kerja sama ini diharapkan terus terjaga untuk ke depannya dalam kegiatan-kegiatan lainnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar