Unordered List

6/recent/ticker-posts

Merawat Yang Sakit Dan Terluka

 

Foto: diambil dari FB Romo Amatus 

Membaca berita sederhana pada dinding FB Romo Amatus, pastor Paroki Witihama-Adonara tentang perayaan emas, 50 tahun “Puli Toben” Witihama, seakan membongkar memoriku akan masa lampau. Mendengar nama Puli Toben, ingatanku mengarah pada masa lampau di mana seorang suster sekaligus perawat yang melayani orang-orang sekitar Witihama dengan sangat ramah. Nama suster itu, Sr. Zita, CB. Ya, nama yang simpel dan bisa diingat oleh semua pasien yang mendapatkan sentuhan tangan dinginnya sehingga bisa memulihkan kondisinya untuk kembali ke keadaan semula.

 

Balai pengobatan “Puli Toben” Witihama didirikan oleh Pater Jessing, SVD pada 10 Mei 1972. Pastor berkebangsaan Jerman ini begitu peduli dengan masalah kesehatan waktu itu. Daerah Adonara dan Flores Timur secara umum di tahun 1972 masih terbilang daerah terisolir karena buruknya sarana dan prasarana transportasi yang tidak memadai. Atas keprihatinan inilah maka menggerakan hati seorang imam Societas Verbi Divini untuk mendirikan balai pengobatan itu.  

 

Setelah resmi berdiri, balai pengobatan itu dikelola oleh suster-suster dari Carolus Boromeus (CB). Sebelum Suster Zita, CB yang mengelola Puli Toben, masyarakat Witihama dan sekitarnya juga mengenal Sr. Mervina, CB. Kehadiran para suster yang berkarya di Puli Toben, memberikan angin segar bagi masyarakat Adonara. Kini, dalam usia 50 tahun berkarya, Puli Toben tetap memberikan perhatian dan pelayanan maksimal pada masyarakat. Beberapa berita yang beredar bahwa ungkapan syukur 50 tahun Puli Toben Witihana juga dihadiri oleh Mgr. Frans Kopong Kung, Uskup Larantuka. Kehadiran sang gembala diterima secara resmi dan mendapatkan kehormatan karena dikalungi oleh seorang perempuan muslim. Peristiwa ini juga dilihat sebagai kesempatan untuk merajut toleransi, atau dalam bahasa Romo Amatus, Witihama sebagai laboratorium toleransi. Proficiat Puli Toben, tetap setia merawat yang sakit dan terluka.***(Valery Kopong)

 

Posting Komentar

0 Komentar