Unordered List

6/recent/ticker-posts

Paskah Diaspora Katolik Sedunia Dihadiri 70 Negera

 



JAKARTA, Gagas Indonesia Satu . com- Perayaan Paskah bersama Diaspora Katolik Sedunia, dihadiri 70 Negara, secara online, Sabtu, 07 Mei 2022, pukul 15.00 WIB.

Perayaan yang dipersembahkan khusus bagi para Misionaris Indonesia, yang berkarya di 70 Negara tersebut, mengusung thema “Indonesia To The Continent”.

Lima Komunitas, yakni Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI), Ikatan Rohaniwan-Rohaniwati Indonesia di Kota Abadi/Roma (IRRIKA), Jaringan KKI Diaspora Sedunia, dan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), serta didukung penuh KBRI untuk Tahta Suci Vatikan.  Demikian diungkapkan Ketua Panitia Penyelenggara, A.M Putut Prabantoro, dalam rilisnya belum lama ini.

Dikatakan, perayaan ini akan diawali dengan Misa Konselebari Rm. Leonard Mali (Roma), Rm. Agustinus Purnomo, MSF (Norwegia), Rm. Paul Halek, SS.CC (Roma) dan Rm. Markus Solo Kewuta (Vatikan).

Putut yang juga penasihat PWKI menjelaskan, alas an pelibatan lima komunitas Katolik Indonesia, terkait  dengan pernyataa tegas Paus Fransiskus  dalam pesannya pada perayaan  Vita Consacrata Hidup Bakti, Rabu (2/2/2022).

‘’Paus secara tegas menyebut Indonesia sebagai pulau-pulau panggilan . Artinya Indonesia tidak hanya berarti gereja katolik Indonesia tapi lebih luas lagi, bangsa-bangsa Indonesia meruapakan satu kesatuan,’’ ujar Putut Prabantoro, yang juga Taprof (Dosen) bidang Ideologi dan Sosbud Lemhanas RI.

Sementara Panasehat Penyelenggara Rm. Leo Mali ungkapkan, tradisi Natalan dan Paskahan bersama virtual ini memang dilakukan Jaringan KKI Diaspora Indonesia sejak tahun 2020 di tengah pandemi Covid 19.

‘’Maknanya tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya meski tahun ini dengan tema, “Indonesia to the Continents yakni Indonesia ke seluruh Dunia,’’.

‘’Kami ini diharapkan lebih meluas dan meriah karena dipersembahkan serta sekaligus melibatkan para misionaris Indonesia, yang kini sedang bermisi di 70 negara di seluruh dunia,’’ tutur  Leo Mali dari Roma.

Ia menambahkan ke 70 negara tersebut antara lainnya Benua Amerika, Belanda, Eropa termasuk Kazakhstan dan Rusia, Benua Afrika, meliputi juga Kenya, Madagaskar, Zimbabwe, Kongo, Sudan, Uganda, Malawi, termasuk Afrika Selatan, beberapa negara di Asia yakni Vietnam, Kamboja, Myanmar, Thailand, Hongkong, Jepang, India dan Benua Australia.

‘’Tidak disangkal, para misionaris dan diaspora Katolik Indonesia merupakan bagian yang utuh dari komponen bangsa Indonesia. Mereka adalah duta-duta Indonesia yang mempromosikan nilai-nilai serta budaya Indonesia seperti kerukunan, kekeluargaan, kebhinekaan dan Kristiani di negara tujuan misi,’’ tambahnya.

Ini juga sebagai penegasanbahwa gereja Katolik Indonesia adalah bagian utama dari kekuatan peradaban lainnya yang membangun rumah bersama yang bernama Indonesia,tandas Leo Mali. (Rad bahy).

Keterangan foto; A.M Putut Prabantoro

Posting Komentar

0 Komentar