Unordered List

6/recent/ticker-posts

Pelaku UMKM Diajak Gunakan Teknologi, Meningkatkan Produk dan Tambah Omset

 


Tangerang, Gagas Indonesia Satu.com 

BISNIS yang dilakukan  dengan cara memasarkan   konvensional biasanya hanya   menjangkau konsumen di wilayah tertentu sebaliknya jika proses pemasaran produk dilakukan secara online  sudah pasti meningkatkan jumlah produk bahkan menambah omset usaha yang dijalankan itu. Oleh karena itu diharapkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu beralih menggunakan  teknologi untuk menaikkan produk  dan menambah omset.

‘’Dulu kita mengetahui handphone  hanya untuk berkomunikasi tapi sekarang penggunaan alat ini untuk memajukan bisnis, membuat video untuk keperluan meningkatkan produk menambah omset maka perlu beralih ke market online,’’ demikian dikatakan Rinintha  Parameswari, S.Pd , M. Si, sekaligus Dosen Universitas Buddhi Dharma, Tangerang   dalam pelatihan yang diikuti 15 orang pegiat UMKM  sekaligus anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) CU Madani, Minggu  ( 8/5/2022).

Pelatihan ini dilaksanakan  sebagai bentuk pengabdian  Universitas Buddhi Dharma  - Tangerang  kepada masayarakat  yang diikuti pegiat UMKM . Selain Rinintha, ada juga pembicara lain,Diana Silaswara, S.E, M.M  yang membawakan materi tentang Coustemer Relationship Manager) – CRM atau yang berkaitan dengan penjual dan pembeli.

Dosen UBD Tangerang ini lebih lanjut menjelaskan pelaku usaha UMKM perlu meningkatkan kompetensinya  untuk selalu ‘melek teknologi’. Karena dengan demikian pelaku UMKM meningkatkan produk, menambah omset  sehingga pada gilirannya meraih keuntungan yang lebih besar.

Ia mengakui UMKM di lingkungan KSP CU Madani pemasaran online belum  begitu familiar tapi kalau dipelajari dengan serius, praktikkan maka pemasaran produk akan lebih mudah. “Online itu sama dengan menjual gambar, calon konsumen diperkenalkan produk melalui gambar kemudian akan menggunakan produk itu,’’ tambah dosen yang mulai mengabdi di Universitas Buddhi Dharma sejak tahun 2009.

Menurutnya pengetahuan tentang suatu hal itu tidak mengenal usia maka saat ini sebagai pegiat UMKM  harus memiliki pengatahuan tentang teknologi. Saat ini, menurutnya pelaku utama  mau tidak mau, dituntut menguasai teknologi, agar selalu menunjang setiap bisnis yang dijalankan.



Diana Silaswara, S.E, M.M  dalam materi Coustamer Relationship Manager (CRM)  mengatakan pelaku UMKM janganlah membeda-bedakan cara pelayanan kepada komsumen, artinya selalu dilayani dengan ramah  kepada semua pelanggan. “Di samping itu juga kepada pelaku UMKM jangan hanya mencari pelanggan baru tetapi komsumen yang sudah lama perlu dijalin hubungan baik,’’ katanya selesai membawakan sesi tentang CRM. ***   Konradus R, Mangu .

Keterangan foto: Rinintha Parameswara, S.Pd M.Si.

Posting Komentar

0 Komentar