Unordered List

6/recent/ticker-posts

YKS Ujicoba Ambulans Bantuan Gusdurian Peduli dan Pasar Modal

 


Larantuka, Gagas Indonesia Satu.com 

-Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) Sabtu, (11/6-2022) sekira pukul 10.00 Wita melakukan uji coba, Ambulans Laut bantuan Gusdirian Peduli dan Pasar Modal di perairan selat Gonsalu, Larantuka. Uji coba yang berlangsung selama 30 menit itu ditumpangi staf YKS dan pihak galangan kapal Blambangan Raya, Banyuwangi, Jawa Timur.


Sebelumnya  ambulans laut yang dikapteni Sumadi bersama  dua staf dari galangan Blambangan Raya masin-masing,  Hari Pribasuki dan Naswan menempuh perjalanan selama seminggu dari   galangan kapal di Banyuwangi hingga Larantuka.


Sebelum uji coba, terlebih dahulu dilakukan penyerahan dokumen kapal dari pihak galangan kepada YKS dan pemeriksaan kelengkapan dan fasilitas kapal.


Dari pemeriksaan yang dilakukan, Ambulans Laut ini selain dilengkapi dengan fasilitas kesehatan standar untuk rujukan,  juga fasilitas keselamatan. 


Menurut rencana, sarana transportasi rujukan cepat ini akan  digunakan untuk merujuk pasien dari wilayah- wilayah di Lembata yang kesulitan mengakses layanan kesehatan melalui jalan darat seperti desa-desa di wilayah selatan Lembata.


Selain untuk Lembata, terdapat juga satu unit ambulans laut  lainnya yang akan dikirim ke Tual, Maluku, melalui kapal laut.


Menurut  rencana ambulans laut untuk Maluku akan dikirim menggunakan KM. Sirimau. Namun, karena saat ini KM. Sirimau masih dok setelah karam beberapa waktu lalu di perairan antara Lembata dan Flores Timur, maka tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan alternarif lain.


Sebelumnya ambulans laut untuk maluku direncanakan akan dibawa langsung oleh kapten kapal, namun karena pertimbangan cuaca dan gelombang laut yang saat ini kurang bersahabat maka diputuskan untuk dimuat menggunakan  kapal.***(Mans Balawala*)

Posting Komentar

0 Komentar