Unordered List

6/recent/ticker-posts

Pendiri THS THM Tutup Usia

 





Jakarta, Gagas Indonesia  Satu 

PENDIRI  organisasi sayap gereja Katolik Indonesia, Tunggal Hati Seminari  (THS) -  Tunggal Hati Maria (THM), Romo Martinus Hadiwijoyo, Pr tutup usia di RS Carolus Jakarta, Senin (29 Agustus  2022). 


Pastor yang dilahirkan di Yogyakarta  26  Februari 1947  itu meninggal akibat sakit yang dideritanya  selama ini (cancer). Ia  adalah imam projo yang bertugas di wilayah Keuskupan Agung  Jakarta  (KAJ). 


Informasi yang dihimpun  dari Romo Yustinus Ardianto, Pr Direktur Puspas Samadi, Klender, Jakarta Timur, Rm Hadi akan disemayamkan di  Samadi  selanjutnya akan dimakamkan di pekuburan Katolik, Selapajang, Tangerang, Banten. 

Yuliana, seorang umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Tangerang mengatakan, sosok Romo  Hadi adalah  seorang pribadi yang memiliki  hubungan sangat dekat dengan umat yang dilayani. Ia adalah sosok yang sangat peduli  ketika menjadi pastor yang melayani umat di paroki yang mayoritas  buruh pabrik ini. "Saya  sangat kehilangan beliau adalah sosok yang teladan,'' kata Yuliana. 

Tentang pencak silat khas Katolik ini tidak hanya berkembang di Jakarta tapi juga sejumlah  keuskupan di Indonesia. Di Flores misalnya, sekitar tahun 1990an  THS _ THM  berkembang sangat maju  di sana, yang melibatkan  anak - anak muda dan usia anak kecil. 

Pencak silat khas Katolik itu dikenal sebagai  ast pemersatu bangsa, bagian  dari upaya pelestarian budaya Indonesia.  ***  Konradus R. Mangu 

Posting Komentar

0 Komentar