Unordered List

6/recent/ticker-posts

Kisah Perubahan

 


Nama saya Emilyana Wae Balawala. Saya warga Desa Tagawiti dan bergabung dengan Komunitas BM Otosela sejak Program Advokasi Perlindungan Buruh Migran melalui Program Desa Peduli Buruh Migran yang disingkat Desbumi. Dan posisi saya di kelompok BM Otosela adalah sebagai Ketua Kelompok.

Program Desbumi ini diluncurkan oleh YKS bersama Migrant CARE sejak Tahun 2014 hingga Tahun 2019 dan kemudian dilanjutkan dengan Program Inklusi.

Kegiatan kami di kelompok BM Otosela yang didukung program Desbumi hingga Inklusi adalah Usaha Tenun Ikat dan Usaha Sembako. Usaha ekonomi ini kami mulai jalankan sejak Tahun 2014 hingga Tahun 2019 kemudian terhenti total karena Pandemi Covid 19 dimana semua orang tidak bisa beraktifitas bahkan berkumpul sekalipun tidak diperkenankan. Maka usaha ekonomi produktif ini pun terhenti seiring dengan kebijakan kelompok untuk membagi modal usaha demi kehidupan anggota kelompok di masa pandemi.

Kelompok kami mulai bangkit kembali sejak YKS meluncurkan Program Inklusi bersama Migrant CARE. Karena itu, dengan sisa bahan berupa benang yang didukung oleh Pemerintah Desa Tagawiti sebelum Pandemi Covid 19, kami mulai bangkit kembali. Untuk itulah kami berterima kasih kepada YKS dan Migrant CARE yang masih setia bersama kami dalam Program Desbumi Inklusi.

Dampak Perubahan

Jujur saya boleh mengatakan bahwa, saya dan anggota kelompok BM Otosela sangat mengalami banyak sekalih perubahan jika dibandingkan dengan kondisi kami sebelum adanya program dari YKS dan Migrant CARE ini. Saya secara pribadi sangat merasakan itu. Kemampuan saya sangat meningkat karena telah mengikuti banyak sekalih pelatihan di program ini. Kemampuan yang saya dapatkan saya bisa berbagi dengan orang lain.

Dulu (sebelum program YKS MC, Red) saya tidak berani berbicara jika ada pertemuan di tingkat Desa dan selama terlibat dalam Program Desbumi Inklusi ini, saya memiliki keberanian yang luar biasa bahkan mampu berargumentasi dan / atau menyampaikan pendapat. Saya juga terlibat dalam survey sebagai enumorator baik offline maupun online dengan menggunakan aplikasi. Walau sekolah saya sangat pas-pasan (terbatas-Red) tetapi dalam aktifitas ini, mampu bertukar pendapat dengan kawan-kawan enumorator lainnya yang nota-bene “Sarjana”.

Perubahan lain yang saya alami adalah mampu menjadi fasilitator walaupun hanya sebatas memfasilitasi kegiatan di kelompok atau kegiatan lain di tingkat Desa. Kadang juga menjadi mediator untuk kasus-kasus skala kecil di tingkat Desa dan itu saya sadari bahwa dampak perubahan yang saya alami ini karena telah mengikuti pelatihan Paralegal.

Perubahan lain yang membuat saya dan kawan-kawan di kelompok Otosela boleh berbangga adalah, kami sekarang sudah bisa menjadi ‘penenun’, dimana sebelum program bersama YKS dan Migrant CARE, praktis kami yang 9 orang di kelompok Otosela ini ‘tidak tahu menenunun. Dan YKS bersama Migrant CARE-lah yang memampukan kami menjadi penenun. Bahkan Migrant CARE pernah membeli hasil tenunan kami berupa Selendang atau Shall sekitar 75 lembar. Ini yang membuat saya dan kawan-kawan boleh berbangga.

Perubahan lainnya yang sangat kami rasakan adalah perubahan ekonomi keluarga dimana dengan usaha produktif di tingkat kelompok dapat memenuhi kebutuhan kami di keluarga walaupun tidak semuanya tetapi kami merasakan adanya peningkatan. Bahkan dalam program Inklusi ini, ekonomi yang ditopang dari unit usaha kelompok menjadi pilihan di Program Inklusi ini.

Ceritera perubahan lainnya terkait dengan konteks pemahaman Migrasi Aman dimana, kami menjadi animator yang senantiasa mengkampanyekan migrasi aman untuk teman-teman di masyarakat yang hendak merantau ke luar negeri. Supaya kita tidak disebut sebagai TKI Ilegal, maka pilihannya adalah memiliki dokumen keimigrasian seperti Paspor dan sejenisnya.

Akhir kata saya hanya mau mengatakan bahwa YKS dan Migrant CARE yang memampukan kami mampu bersuara untuk berbagai hal baik. **

Nara Sumber           :           Emilyana Wae Balawala

Pewawancara       :           Emilyana Ladjar

Penulis Cerita         :           Emilyana Ladjar

 Keterangan foto: Emilyana

Posting Komentar

0 Komentar