Unordered List

6/recent/ticker-posts

Mengisi Hari Dengan Menulis

 

Setiap sekolah mempunyai cara tersendiri dalam mengisi bulan Oktober sebagai bulan bahasa. Ada yang lomba pidato, ada yang berdebat dan juga membaca puisi. Rangkaian kegiatan seperti ini dilakukan untuk menyemarakan suasana tetapi lebih dari itu mengasah kesadaran siswa/siswi akan hari bersejarah ini dan pengembangan potensi anak-anak. Sekolah Insan Teratai, terutama unit SD tidak mau ketinggalan. Apa saja kegiatan yang diselenggarakan di unit SD Insan Teratai sebagai cara mengisi bulan bahasa ini?

Mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di unit SD Insan Teratai terutama di bulan bahasa ini cukup menarik. Ada kegiatan membaca dan menulis dilakukan setiap pagi. Untuk membantu anak-anak dalam proses membaca maka perlu dipetakan bahan bacaan. Anak-anak kelas bawah (kelas 1, 2 dan 3) bahan bacaannya berupa cerita dongeng dan juga fabel (cerita tentang kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia).

Mengapa anak-anak kelas bawah ini disuguhkan cerita-cerita dongeng dan fabel? Alasan sederhana, yakni usia mereka lebih tertarik dengan cerita-cerita lucu namun memiliki makna yang sangat dalam. Sebagai contoh, misalnya cerita tentang semut yang hidupnya selalu memperlihatkan kerja sama atau gotong royong  dalam mencari makanan. Anak-anak bisa belajar untuk bagaimana hidup dan ada bersama dengan orang lain untuk mencari rezeki demi menghidupi diri mereka nanti.

Tidak hanya membaca tetapi bahan bacaan itu dibacakan oleh temannya yang bertugas, dan giliran yang lain bisa mendengar dengan baik. Mendengar cerita bermakna itu tidak berlalu begitu saja. Namun setiap anak bisa menuliskan kembali inti ringkas dari kisah kehidupan binatang yang barusan diperdengarkan. Menuliskan apa yang mereka dengar sebagai cara untuk melatih anak-anak dalam menuangkan gagasan dengan berlandaskan pada apa yang didengar.

Pihak sekolah SD Insan Teratai selalu memberikan apresiasi terhadap anak-anak yang memiliki kemampuan lebih dalam membaca dan juga menulis. Menulis itu merupakan sebuah keharusan bagi siswa/siswi yang sedang mengenyam pendidikan. Mengapa keharusan untuk menulis? Karena dalam setiap kegiatan ataupun analisah sebuah persoalan nanti, dibuatlah sebuah tulisan yang baik yang merangkai sebuah peristiwa. Atau juga dalam dunia akademik ketika kuliah nanti maka besar harapan anak-anak nanti bisa menuangkan gagasan dalam proses penulisan skripsi.


Menyadari pentingnya menulis maka sejak dini, anak-anak SD Insan Teratai diharapkan untuk menulis. Mereka tidak hanya menulis di bulan bahasa ini saja tetapi juga mengisi majalah dinding setiap bulannya secara bergilir. Bagi anak-anak yang berprestasi, terutama dalam membaca dan menulis, diberikan penghargaan berupa piagam oleh pihak sekolah SD Insan Teratai. Apa yang dilakukan ini masih sederhana dan terkesan biasa-biasa saja tetapi suatu waktu hasil yang akan dilihat adalah luar biasa. Insan Teratai hebat. Ayo, daftarkan diri pada sekolah Insan Teratai, TK-SD-SMP dan SMK. ***(Valery Kopong)

Posting Komentar

0 Komentar