Unordered List

6/recent/ticker-posts

Sekolah Dasar Yang Selalu Menghargai Perbedaan

 


Tangerang, Gagas Indonesia Satu.com

Kepala SD Anak Terang, Andy , S.Kom  mengatakan Tuhan menciptakan manusia dengan  memiliki kondisi yang berbeda, sebagai anak normal juga  anak yang memiliki kebutuhan khusus. Kepada peserta didik selalu diajarkan dan ditanamkan bahwa perbedaan itu selalu indah bahkan segala perbedaan itu adalah pemberian  Tuhan.

‘’Kami selalu mengajarkan kepada peserta didik tentang indahnya perbedaan. Hal ini kami lakukan dan selalu menanamkan dalam diri anak untuk menghargai perbedaan itu. Manusia diciptakan Tuhan selain anak pada umumnya ada juga anak yang memiliki kebutuhan khusus,’’ kata Andy, S.Kom menjelaskan di sela-sela kegiatan seminar parenting di auditorium Sekolah Anak Terang, Taman Royal Sabtu (22 Oktober 2022).

Mulai tahun ajaran 2022/2023, Andy S. Kom mendapat kepercayaan menjadi Kepala SD Anak Terang dan dibantu 27 staf guru di sekolah yang beralamat di Jl. Mahoni Raya no 18 Taman Royal, Tangerang. Di sekolah ini terhitung mulai dari kelas  1 sampai dengan kelas 6 terdiri dari 17 kelas sehingga terdiri dari 17 wali kelas, 3 orang asisten guru kelas 1 dan sisanya guru Bahasa Indonesia, Musik dan Mandarin.  

Lulusan Buddhi Tangerang ini lebih lanjut menjelaskan yang membedakan dengan sekolah lain adalah, lembaga ini selalu ‘welcome’ anak-anak berkebutuhan khusus. Mengenai anak yang autism, ADHD  (Attention Defecit Hyperaktivity Disorder) - -   semacam gangguan mental yang menyebabkan anak anak sulit fokus.  Hanya saja, lanjut Andy jika anak dengan kebutuhan khusus  dengan kategori ringan akan tetap menerima anak. Sementara itu jika  anak yang memiliki kondisi berat maka kami menganjurkan untuk memilih sekolah yang lebih pas dengan kondisi anak. “Jadi kami berusaha agar mereka selalu diterima,’’katanya.

Kondisi demikian antara anak yang bukan autism, ADHD mereka saling menghargai, mendukung antara  satu dengan yang lain. Saling mendukung itulah menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak masing-masing.

Untuk membantu semua anak khususnya dalam penggunaan gadget diperlukan pendampingan. Mereka sebaiknya mendapat pengawasan terutama dalam  menggunakan internet. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah dampak negatif penggunaan gadget.

 

Program Keluarga Digital Bersama Telkomsel Orbit  adalah program parenting berkelanjutan untuk kleuarga muda  khususnya orangtua dengan usia anak dini dengan tujuan  memiliki kelekatan yang baik soal kesehatan mental keluarga. Program ini terdiri dari grand launching  dimulai 24 September road show edukasi keluarga telkomsel ofline di Kota Tangerang mengusung tema “Keluarga Digital – Relasi Sehat – Internet Bersahabat’’

Di SD Anak Terang dilaksanakan seminar yang diikuti 30 an orang guru termasuk sejumlah orangtua murid. Seminar itu menghadirkan nara sumber Muhamad Nur Awaludin, CO Founder dan CEO Fammi Indonesia.


Acara itu dihadiri itu dihadiri  Deputy Superintendent Yayasan anak Terang, Indra Setiawan SS, M.Pd, perwakilan Telkomsel, Andi Budiman, S.Kom.

Indra Setiawan  SS.M.Pd dalam penjelasannya mengatakan sekolah ini juga dalam perannya untuk menyeimbangkan aspek koginitif dan afektif  juga selalu mengembangkan karakter anak yang lebih baik, lulusan Anak Terang. “Jadi kami bukan menekankan anak – anak itu pintar saja tapi juga memina karakter anak yang lebih karakter,’’ katanya.  

Ditambahkan sekolah ini juga mengembangkan penguasaan bahasa Inggris dan Mandarin  sebagai sarana untuk menguasai ilmu pengetahuan. Upaya penguasaan bahasa Inggris dilakukan dalam interaksi komunikasi kegiatan pembelajaran setiap hari di sekolah. ( Konradus R. Mangu)


Keterangan foto:1. Andy S.Kom  foto 2. Indra Setiawan SS.M.Pd 3. foto peserta seminar parenting 

Posting Komentar

0 Komentar