Unordered List

6/recent/ticker-posts

Ziarek ke Gua Maria Bukit Kanada

 



                                              Peserta Ziarek dari Cornelius

Banten, Gagas Indonesia Satu.com

UNTUK mengisi kegiatan bermanfaat bulan Rosario (Oktober 2022) sebanyak 56 umat Katolik lingkungan Cornelius, Paroki Gregorius Agung Kutabumi melakukan ziarah dan rekreasi, Minggu  ( 23 Oktober 2022)  dengan obyek Gua Maria Bukit Kanada di Rangkasbitung, yang berada di Banten. Selanjutnya  menuju ke MBS Serang.  

Perjalanan diawali titik keberangkatan di Cadas (Tangerang) kemudian menempuh perjalanan selama tiga jam. Setibanya di Gua Maria Bukti Kanada seluruh umat mengikuti Jalan Salib di lokasi Gua Maria Bukti Kanada. Seperti biasa perhentian yang ada di  lokasi disiapkan di area Gua Maria yang memiliki luas 20  hektar tanah itu. Seluruh umat yang mengikuti Jalan Salib dengan khusuk dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing dipimpin petugas, membaca urutan dari perhentian pertama sampai dengan ke-14.

Selain Jalan Salib umat mengikuti Perayaan Ekaristi setiap Minggu dipimpin pastor yang bertugas paroki Bunda Maria Tak Bernoda Rangkasbitung. Ekaristi Kudus hari itu pkl. 11.00 wib  itu dipimpin Romo Yohanes Hadi Utomo, Pr dan dihadiri sekitar 500-an para peziarah dari Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Rm. Yohanes mengatakan suatu pencapaian  sangat ditentukan motivasi dalam melakukan perjuangan. Romo menghubungkan dengan bacaan minggu itu dalam kisah perumpaan doa seorang Farisi dan pemungut cukai. Dalam hal doa, lanjut romo tentu yang didengar Allah adalah ketulusan pemungut cukai. “Maka bercerminlah kepada pemungut cukai dalam hal doa,’’ kata Romo Yohanes.

‘’Doa bukan untuk menyampaikan kelebihan  lalu merendahkan orang lain tapi sesunguhnya mengaku di hadapan Allah atas dosa-dosa dilakukan sehingga pada akhirnya perlu memperbaiki diri untuk hari –hari selanjutnya,’’ katanya. Ia melanjutkan St Claus  pernah mengatakan,’’ banyak melakukan kebaikan berarti suatu yang indah dalam hidup’’.

Setelah misa peserta ziarah menikmati makan bersama, kuis untuk anak-anak dan pembagian hadiah. Anderas Nugroho selaku Ketua Lingkungan Cornelius menilai ziarek ini merupakan kegiatan iman yang penuh makna karena dengan demikian bisa menumbuhkan iman umat, khususnya semangat untuk berdevosi kepada Bunda Maria.

‘’Sebagai umat saya menilai hal yang sangat positif, membangun keakraban bersama umat selingkungan, rasa persaudaraan, lebih solid. Iman kita semakin bertumbuh. Masa depan kita adalah tetap Katolik,’’ Kata Pak Bambang, seorang peserta ziarek.

Untuk memanjakan seluruh umat lingkungan, umat lingkungan melanjutkan  tujuan ke Mahoni Bangun Sentosa (MBS), suatu lokasi wisata milik pemda Kab. Serang  di desa Cideheng, Kec. Curug. Lokasi ini adalah rekreasi favorit karena menyediakan beragam permainan. Anda bisa berpose dengan berbagai latar.

Senja makin ditelan malam, peserta ziarah bertolak menuju ke Tangerang. Kegembiraan semakin sempurna karena dalam mobil peserta menunjukkan kebolehan, bukan hanya lagu-lagu rohani tapi juga lagu nostalgia, yang menghibur hati. Tak ketinggalan  karoke lagu-lagu etnis Jawa, NTT  dan Batak. Menggembirakan.  ***  ( Konradus Mangu – )

Posting Komentar

0 Komentar