Unordered List

6/recent/ticker-posts

Peluncuran Buku "Dinamika Kelas IPA"

 







LARANTUKA, Gagas Indonesia Satu.com 

Wilbrodus K Wungbelen, Kepala SMP Negeri 1 Lewolema meluncurkan buku   ber-ISBN, karya Yan Surachman dan Mardiana Ruron pada momentum Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022 di Aula SMPN 1 Lewolema. Buku dengan judul " Dinamika Kelas IPA" Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Role Playing pada Topik Tata Surya merupakan karya kolaborasi Guru IPA di SMPN 1 Lewolema. Yan Surachman adalah Guru IPA kelas IX dan Mardianan Ruron adalah Guru IPA Kelas VII.


Kepala SMPN 1 Lewolema dalam sambutan sebelum meluncurkan Buku "Dinamika Kelas IPA" mengatakan rasa bangga dan apresiasi atas karya inovatif guru guru di SMPN 1 Lewolema. "Sebagai pimpinan di lembaga ini, saya merasa bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sahabat guru yang selalu berkreasi menghasilkan karya inovasi. Menghasilkan karya buku adalah salah satu tanda profesionalismenya seorang guru. Tidak semua guru mampu menghasilkan karya buku BerISBN. Hari ini, dimomentum Sumpah Pemuda dan Bulan Oktober yang dikenal dengan Bulan Bahasa, mungkin hanya SMPN 1 Lewolema saja yang mengisi kegiatan dengan adanya peluncuran buku," kata Wilbrodus.


Mantan Wakil Kepala SMPN 1 Larantuka ini mengatakan, SMPN 1 Lewolema selalu konsisten dalam menghasilkan karya dalam bentuk buku. "Tahun 2018 SMPN 1 Lewolema meluncurkan buku karya siswa. Tahun 2020 SMPN 1 Lewolema meluncurkan 5 buku karya siswa, guru dan tenaga kependidikan.  Tahun ini, 2022 SMPN 1 Lewolema kembali meluncurkan buku beISBN. Suatu bukti konsistensi dalam berkarya. Ini tentu sangat memberikan inspirasi dan motivasi bagi rekan guru yang lain baik di SMPN 1 Lewolema maupun di sekolah lain untuk berkarya," kata Wilbrodus.


Yan Surachman, salah satu penulis mengatakan sangat bangga dengan inovasi guru dalam menghasilkan karya buku. "Saya  membayangkan sebuah rak perpustakaan yang dipenuhi karya guru dan dikunjungi oleh banyak pembaca. Jika presentasi seorang motivator dapat menginspirasi secara lisan... Maka buku adalah inspirator non lisan yang setidaknya bisa diakses untuk delapan tahun kedepan," kata Yan.


Sementara itu, penulis lainnya Mardiana Ruron, mengaku sangat senang karena menulis buku BerISBN adalah pengalaman pertamanya."Menghasilkan karya buku adalah pengalaman pertama saya. Saya baru menjadi guru belum sampai satu tahun namun iklim sekolah yang baik mampu membentuk saya untuk dapat menulis buku. Saya berkenalan dengan guru guru senior yang kompoten dan Top Leader yang selalu memberikan bimbingan dan suport dalam berkarya,"kata Mardi.


Rangkaian Hari Ulang Tahun Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa Tahun 2022 tingkat SMPN 1 Lewolema telah dimulai Rabu (26/10/2022) dengan kegiatan pembersihan di pantai Waimana Kecamatan Ile Mandiri dan Pantai Welo di Kecamatan Lewolema. Usai pembersihan pantai segenap Keluarga Besar SMPN 1 Lewolema menanam anakan bakau/magrove kurang lebih 200 anakan. Aktivitas ini sebagai bukti cinta tanah air. Melestarikan bumi adalah aksi yang memberi makna positif jangka panjang. Kebutuhan manusia secara seimbang terpenuhi jika sumber daya manusiannya selalu tersedia.


Jumat 28 Oktober 2022  kembali menjadi saksi sejarah lahirnya karya-karya buku berISBN dari goresan pena Bapa Ibu Guru di sekolah ini. SMPN 1 Lewolema pada tahun 2018 dikenal sebagai sekolah tingkat  SMP pertama meluncurkan buku karya siswa. Dua tahun setelah itu, di tengah masa yang sulit, covid-19, SMPN 1 Lewolema kembali meluncurkan 5 karya buku berISBN. Dua karya siswa, satu karya guru, dan dua lainnya karya Pembina Pramuka dan Kepala Sekolah. Hari ini giliran Yan Surachman dan Mardiana Ruron. Dua Guru IPA SMPN 1 Lewolema yang akan mencatatkan namanya dalam lembaran sejarah SMPN 1 Lewolema. Buku karya mereka dengan judul "Dinamika Kelas IPA" akan diluncurkan hari ini, selanjutnya dapat dimanfaatkan secara luas.


Selain peluncuran buku karya Guru IPA SMPN 1 Lewolema, panggung dengan nuansa alam membuka kesempatan yang luas kepada anak anak untuk mencurahkan karya puisi, pidato, juga orasi seputar pendidikan.

Posting Komentar

0 Komentar