Unordered List

6/recent/ticker-posts

Mendesak, Pembentukan Forum Anak di Adonara

 


Witihama, Gagas Indonesia Satu.com

PEGIAT perlindungan  dan pemberdayaan anak, Thomas Todo Golo mengatakan perlunya pembentukan Forum Anak di setiap kecamatan di Adonara. Dalam  forum tersebut anak –anak dilatih tentang dasar-dasar kepemimpinan, public speaking, debat dan pidato bahkan sampai tingkat analisa. Setelah mendapat pelatihan anak-anak bisa memahami tentang hak-hak, Undang –undang Perlindungan Anak kemudian melihat secara langsung fakta di lapangan yang mungkin bertentangan dengan aturan tersebut. Oleh karena itu sangat mendesak pembentukan Forum Anak di tingkat kecamatan.

‘’Tahun 2016 saya ke sejumlah kecamatan untuk menawarkan pembentukan Forum Anak di tingkat kecamatan seperti Witihama, Ile Boleng, Klubagolit, Adonara Timur namun sayangnya tawaran pembentukan itu hingga saat tidak direspon,’’  kata Thomas saat ditemui di Watoone,  Witihama, 25 Desember 2022.

Menurut Thomas dalam forum tersebut anak bukan hanya  mengetahui tentang tapi juga terampil dalam mengemukakan pendapatnya. Dikatakan, mereka bukan hanya beajar teori saja  tapi berpraktik dan melakukan analisa berhbungan dengan hak-hak juga perlindungan anak,’’ tambah mantan wartawan Pos Kupang ini.

 Selain itu, lanjutnya ada juga nilai-nilai kehidupan lain yang bisa ditanamkan dalam diri anak. Jika hanya 5 jam mereka belajar di sekolah  waktu lain bisa melakukan kegiatan membaca, di mana kegiatan membaca ditengarai di negeri ini masih sangat rendah. “Mereka menggunakan waktu lain untuk mengembangkan kemampuan lain seperti disiplin, tanggung jawab dan nilai hidup lain,’’ katanya.

Tahun 2006, lanjut Thomas menganjurkan kepada Menteri PPA  kala itu, Meutia Hatta bahwa di NTT sudah ada Forum Anak baik di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten meski peran mereka belum optimal. Dengan adanya pembentkan pembentukan Forum Anak bisa mengurangi kekerasan yang dialami anak.

Manfaat lain pembentukan Forum Anak, kata Thomas Todo adalah untuk menumbuhkan rasa kebhinekaan antar anak di Indonesia. Dengan demikian tercipta adanya persatuan  kesatuan antaranak di seluruh Indonesia.

Keberadaan Forum Anak NTT mengantar sosok Charles Seran, seorang anak NTT asal Timor meraih penghargaan  sebagai forum anak terbaik di Indonesia. “Kami menerima penghargaan di TMII Jakarta tahun 2010,’’ katanya.

Sejumlah pihak menilai pembentukan Forum Anak perlu dan sangat mendesak mengingat kasus kekerasan anak akhir-akhir ini di Witihama kian meningkat. Menurut sumber kasus pemukulan anak dilakukan salah seorang guru di salah satu SMK menyita perhatian publik. Akankah pemerintah daerah ini tanggap soal pembentukan Forum Anak? Kita tunggu. ***  Konrad Mangu

Posting Komentar

0 Komentar