Unordered List

6/recent/ticker-posts

Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa Witihama Se-Indonesia





Kupang, Gagas Indonesia Satu.com

 

IKATAN Keluarga Witihama (IKW) Kupang menyelenggarakan lomba menulis Karya Ilmiah bagi para mahasiswa yang sedang belajar berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. IKW Kupang merupakan satu peguyuban yang menghimpun para keluarga asal Kec. Witihama di Adonara. Penulisan karya ilmiah ini mengusung tema “Budaya Lamaholot Fondasi  Menghadapi Globalisasi”.

 

Kegiatan lomba menulis karya ilmiah merupakan satu dari seluruh rangkaian kegiatan untuk merayakan HUT ke-25 IKW - Kupang. Khusus untuk lomba menulis karya ilmiah proses dimulai pada pertengahan Januari sampai dengan awal Mei 2023.

 

Ketua Panitia Umum, Simon Kopong Seran ,S.Sos, Senin  ( 30 Januari 2023) menjelaskan peringatan hari ulang tahun tidak sekedar memperingati waktu pendirian tapi juga diisi kegiatan yang lebih bermakna. Lomba ini, lanjut pria kelahiran Honihama untuk memberikan motivasi  kepada  para mahasiswa Witihama sedang belajar di seluruh Indonesia.

 

Menurutnya mahasiswa-mahasiswi itu  identik dengan kelompok intelektual juga sangat dekat dengan aktivitas menulis maka ia mengharapkan lewat kegiatan ini bisa menghadirkan  mahasiswa dengan pemikiran kritis, inovatif tentang hal yang berkaitan dengan budaya Lamaholot  bagi perkembangan Lewotana.

 

“Budaya Lamaholot berada di pusaran berbagai kebudayaan lain termasuk budaya asing dan faktanya budaya Lamaholot memiliki  nilai keutamaan yang patut jadi teladan. Walaupun orang Witihama berada di perantauan diharapkan nilai-nilai keutamaan Lamaholot tidak dilupakan,’’ kata Simon Kopong tentang pemilihan tema karya ilmiah.

 

Juri yang menilai karya tulis ilmiah adalah mereka yang memiliki kemampuan mumpuni di bidangnya. Mereka adalah Dr. Karolus Kopong Medan, S.H M.Hum, Agus Beda Ama, S.Sn, M.Si  dan Drs. Frans Bapa Tokan, MA. 

Untuk tahap pertama tim juri melakukan penilaian enam karya terbaik. Keenam karya teraik itu mempresentasikan karyanya  di hadapan tim juri melalui online (peserta di luar Kupang) dan ofline bagi peserta di Kupang.  

Proses penilaian akan dilakukan dan memilih tiga pemenang utama yang akan menerima sertifikat dan uang tunai. Selain itu tiga orang lainnya yang masuk finalis memperoleh sertifikat dan uang tunai. ** Konradus Mangu

 keterangan foto: Simon Kopong Seran, S.Sos

Simak selengkapnya!


LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

Tema:

BUDAYA LAMAHOLOT FONDASI MENGHADAPI GLOBALISASI

  IKATAN KELUARGA WITIHAMA KUPANG 2023

 

             

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1


A.     GAMBARAN UMUM DAN DESKRIPSI KEGIATAN

1.      Latar Belakang Kegiatan

Selain memiliki kemampuan akademik dibidangnya, para pelajar dan mahasiswa juga dituntut untuk memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah, berpikir logis, kritis dan inovatif serta mampu bekerja secara kolaboratif dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk penyelesaian masalah di tengah masyarakat. Oleh karena itu di ulang tahunnya yang ke-25, Ikatan Keluarga Witihama (IKW) Kupang, memandang perlu untuk menghadirkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan pelajar dan mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kualitas diri lebih jauh melalui kegiatan- kegiatan lomba sesuai dengan minatnya maupun penalaran dan keilmuan khususnya.

Lomba ini dimaksudkan untuk menjaring ide-ide kreatif, inovatif dan kolaboratif dari pelajar dan mahasiswa untuk menghadirkan solusi bagi Lewo tanah, agar tetap berpegang teguh pada fondasi budaya leluhur di tengah terpaan arus globalisasi. Fokus dari kegiatan ini adalah menghasilkan karya ilmiah melalui penggalian kembali budaya leluhur, dan membahasnya dalam konsep kekinian. Hasil dari karya ilmiah tersebut diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalah budaya yang dihadapi Lewo Tanah saat ini.

Adapun kegiatan ini terdiri dari dua tahapan yakni tahapan penyisihan dan final. Pada tahapan penyisihan, penilaian dilakukan terhadap makalah karya ilmiah yang telah diserahkan dan finalis ditentukan berdasarkan hasil penilaian dewan juri terhadap makalah tersebut. Pada tahapan final, para finalis akan mempersentasikan dan mempertanggungjawabkan karya ilmiahnya secara daring dan dinilai oleh dewan.

 

2.      Tema Lomba Karya Ilmiah IKW Tahun 2023

Lomba karya ilmiah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis IMK ke-25 tahun (Pesta Perak) pada tanggal 6 Mei 2023. Sebagai paguyuban yang bergerak dalam bidang sosial dan budaya, IKW merasa perlu mengadakan lomba penulisan karya ilmiah dengan tema: Budaya Lamaholot Fondasi Menghadapi Globalisasi, dengan focus pada budaya Adonara.

3.      Bidang Kajian Dan Karakteristik Umum

Bidang yang akan dilombakan dalam penulisan karya ilmiah meliputi 7 unsur kebudayaan, dan kearifan lokal pelestarian lingkungan

 

No

Bidang Kajian

Penjelasan

1

Sistem Bahasa

Kemampuan manusia dalam membangun tradisi

budaya,      menciptakan     pemahaman      tentang fenomena    sosial     yang    diungkapkan     secara


 

 

 

simbolik, dan mewariskannya kepada generasi penerusnya sangat bergantung pada bahasa.

2

Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan berkaitan dengan peralatan hidup dan teknologi. Sistem pengetahuan mencakup: (1) alam sekitar, (2) tumbu-tumbuhan,

(3) hewan, (4) zat-zat, bahan mentah, dan benda- benda dalam lingkungannya, (5) tubuh manusia,

(6) sifat dan tingkah laku manusia.

3

Sistem Organisasi sosial

Sistem kekerabatan dan organisasi sosial sebagai usaha untuk memahami bagaimana manusia membentuk masyarakat melalui berbagai kelompok sosial. Kekerabatan juga berkaitan dengan perkawinan dalam suatu masyarakat karena perkawinan merupakan inti atau dasar

pembentukan suatu komunitas atau organisasi sosial.

4

Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Manusia selalu berusaha untuk mempertahankan hidupnya sehingga mereka akan selalu membuat peralatan atau benda-benda tersebut. Peralatan tersebut dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti: 1) Alat-Alat Produktif, 2) Senjata, Wadah,

3) Alat-Alat Menyalakan Api, 4) Makanan, Minuman, Bahan Pembangkit Gairah, dan Jamu- jamuan, 4) Pakaian dan Tempat Perhiasan, 5) Tempat Berlindung dan Perumahan, 6) Alat-Alat Transportasi.

5

Sistem Ekonomi/Mata Pencaharian Hidup

Sistem mata pencaharian mengkaji bagaimana cara mata pencaharian suatu kelompok masyarakat atau sistem perekonomian mereka untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

6

Sistem Religi

Emosi keagamaan adalah perasaan dalam diri manusia yang mendorongnya melakukan tindakan-tindakan yang bersifat religius. Emosi keagamaan ini pula yang memunculkan konsepsi benda-benda yang dianggap sakral dan profan

dalam kehidupan manusia.

7

Kesenian

Berbagai macam seni lamaholot: seni tari, musik, ukir dll

8

Kearifan lokal yang mendukung pelestarian lingkungan

Berbagai kearifan lokal Lamaholot yang melestarikan lingkungan, meniadakan/mengurangi pencemaran.

 

 

 

3


B.   TAHAPAN PELAKSANAAN LOMBA

 

1.    Jadwal Kegiatan

 

Waktu Pelaksanaan

Aktivitas

15 Januari 28 Februari 2023

Pendaftaran Peserta

1 Maret – 15 April 2023

Penerimaan Makalah

16 23 April 2023

Penilaian Makalah oleh Juri

24 April 2023

Pengumuman Finalis

4 Mei 2023

Presentasi Finalis dan penetapan pemenang (dilaksanakan secara daring)

6 Mei 2023

Pengumuman    Pemenang    dan                           Penyerahan Award

 

2.    Juri

Tim juri yang akan menilai setiap makalah yang masuk terdiri dari 3 orang:

Ø   Dr. Karolus Kopong Medan, SH., M.Hum

Ø   Agus Beda Ama. S.Sn., M.Si

Ø   Drs. Frans Bapa Tokan, MA.

3.    Ketentuan Peserta

1.    Peserta adalah mahasiswa aktif asal kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur yang terdaftar di suatu perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesi (dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan screenshoot data mahasiswa pada PDDikti.

2.    Peserta dapat bersifat perorangan maupun tim. Untuk peserta tim, jumlah maksimum anggota tim adalah 3 orang yang dapat berasal dari perguruan tinggi yang sama atau berbeda.

3.    Satu kelompok dapat memasukkan lebih dari satu karya.

4.    Peserta wajib melakukan registrasi dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkannya melalui email pdoreola@gmail.com

5.    Registrasi peserta tidak dipungut biaya.

6.    Karya Inovasi belum pernah mendapatkan penghargaan pada kompetisi nasional maupun internasional.

7.    Karya inovasi merupakan karya asli dan otentik dari peserta.

8.    Semua makalah yang masuk akan dinilai oleh dewan juri dan akan diseleksi sebanyak 6 (enam) makalah terbaik yang akan masuk ke tahap final.

 

C.   PENGHARGAAN

·           Juara 1 mendapatkan Sertifikat dan Uang Tunai sebesar Rp. 1.500.000,-

·           Juara 2 mendapatkan Sertifikat dan Uang Tunai sebesar Rp. 1.250.000,-

·           Juara 3 mendapatkan Sertifikat dan Uang Tunai sebesar Rp. 1.000.000,-

·           Tiga finalis lain mendapatkan sertifikat dan Uang Tunai sebesar Rp.500.000,-

·           Tiga artikel/makalah terpilih akan dikirimkan untuk dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi.

D.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN TAHAPAN FINAL

Contact Person

1. Pius : +62 821-2589-1356

2. Simon: +62 813-3933-0067




Posting Komentar

0 Komentar