Unordered List

6/recent/ticker-posts

Bersaksi , Peduli dan Mengasihi




Jakarta,   Gagas Indonesia Satu. com 

Sabtu, 11 Februari 2023 diadakan sebuah acara KARAOKE (Kardinal Ajak OMK Ketemuan) yang bertujuan untuk membuka tahun 2023 dengan Perayaan Ekaristi Bersama dan ada sesi talkshow dan acara kebersamaan orang muda. Kegiatan ini dilakukan secara paralel yaitu offline terbatas hanya untuk 100 orang dan online melalui chanel youtube OMK KAJ bertempat di Pusat Pastoral Samadi-Jl. Dermaga Raya No 6 Jakarta Timur.

KARAOKE dimulai dengan Perayaan Ekaristi konselebran bersama Romo Edi Mulyono,SJ (Vikaris Episkopal KAJ),RD Andreas Subekti (Ketua Komkep KAJ) dan RD Yulius Eko Priambodo (Direktur Caritas Bogor).

RD Andreas Subekti mengatakan sepenggal lagu coba bayangkan tanyakan hatimu putus atau terus. Kalau putus beda server atau terus bisa bertahan. Kita sering menghadapi berbagai pilihan sebagai orang muda.Hidup kita tidak pernah lepas dari persimpangan pilihan. Apa yang kita pilih senantiasa ada dihadapan kita semua. Kalau kita memilih yang jahat kita masuk dalam lingkaran setan sebaliknya kalau kita memilih pilihan yang baik kita masuk ke lingkaran malaikat’.

Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan KARAOKE 2023 ini menjadi kesempatan yang bagus bagi OMK untuk membangun persahabatan diantara OMK. Persahabatan diwaktu muda menjadi waktu yang sangat penting nanti pasti akan diingat sampai kita berusia lanjut.Sarana KARAOKE 2023 ini dapat juga OMK saling meneguhkan didalam usaha membangun pribadi yang semakin dewasa,semakin matang dan semakin utuh.

Tema OMK bertumbuh sesuai dengan semakin dewasa,matang dan utuh kalau OMK sadar tanggungjawab membangun kebaikan bersama bukan hanya kesadaran tetapi mencari jalan-jalan yang kreatif didalam lingkup yang sempit maupun lingkup yang luas sesuai dengan kemampuan dan keadaan OMK.

 

Kia dan Tesya tampil sebagai MC juga ada  penampilan Band OMK Santo Laurensius Alam Sutera dan penampilan Guest Star yang bernama Caecilia sebagai Runner Up X-Factor tahun 2022.

Acara talkshow sesi 1 dibawakan oleh Cornel dengan narasumber RD Yulius Eko Priambodo (Direktur Caritas Bogor) dengan tema ‘Aksi Sosial Caritas’ mengatakan RD artinya Reverendus Dominus ia sebagai Imam Diosesan  Keuskupan Bogor dan ia sebagai Direktur Caritas untuk tingkat nasional. Kalau tingkat keuskupan diberi nama Carior.

Ketika natal kita diberi hadiah dan Yesus menjadi hadiah untuk kita.Kita menjadi hadiah untuk orang lain.Paskah itu Yesus berkorban dan kita juga berkorban.Kalau Caritas dari bahasa latin yaitu cinta kasih.Cinta kasih itu berasal dari Ensiklik I Paus Benediktus XVI tentang Deus Caritas Est yaitu Allah adalah kasih. Caritas itu hadir di setiap Keuskupan meskipun berbeda-beda ada yang bersama PSE atau dibawah PSE.

‘’Caritas ada di tingkat internasional maupun nasional dan juga tingkat lokal.  Caritas Bogor itu tingkat Keuskupan atau tingkat lokal.Tingkat nasional adalah Caritas Indonesia.KWI yaitu Carina KWI.Caritas Bogor dibawah Komisi PSE (Pengembangan Sosial Ekonomi).Kegiatannya menyumbang atau berdonasi seperti di kota Lombok,Palu,Selat Sunda,NTT,Semeru dan Cianjur,’’jelas RD Yulius.

 

Untuk menjadi relawan atau donator harus mempunyai simpati dan empati. Ada 3 fase ketika kita menjadi relawan yaitu respon tanggap darurat berupa logistik, medis dan lain-lain. Kalau mau menjadi relawan daftar melalui caritas dan mendapat surat tugas datang ke paroki yang sedang terjadi bencana supaya kita ada legalitasnya.

Dikatakan, pengalaman duka selama menjadi relawan  ialah ada bantuan yang ditolak berupa tenda,bahasa yang sulit dimengerti,jauh terpencil didaerah bencana.Sukanya menjadi relawan yaitu diterima dengan tidak membawa identitas.

Pesan buat semua OMK adalah Paus Fransiskus menekankan bahwa caritas itu adalah kita dan kita adalah caritas.Perbuatan baik yang kita lakukan ialah kasih.Kasih itu adalah caritas.Jadi OMK diharapkan ketika simpati dan empati itu mau ikut ambil bagian untuk membantu sesama yang terjadi bencana.

Acara talkshow sesi 2 dengan narasumber Lanny Budiati sebagai CEO PT Bank Digital BCA dengan tema ‘Digital Cash Stuffing Biar Kaya Dan Sejahtera’ mengatakan kita harus memulai kesejahteraan dari diri kita sendiri dahulu. Kita semua yang punya banyak maunya dan butuh perencanaan. Ada 28.000 hari dan ada usia produktif sekitar 21-40 tahun dan 41-60 tahun.Usia tidak produktif sekitar 0-21 tahun dan 61-80 tahun.Manfaat GPS untuk keuangan ialah kerja 5 tahun bisa beli rumah pertama atau hal lain yang dibutuhkan,hidup tanpa utang,memiliki tabungan dan melakukan perjalanan ibadah.Tujuan untuk masa kini yaitu pemasukan (income),pengeluaran (expense),aset (asset) dan utang (liabilities).

Tujuan untuk masa depan adalah jangka pendek (dibawah 1 tahun),jangka menengah (1-5 tahun) dan jangka panjang (lebih dari 5 tahun).Cara menngelola keuangan yang lebih baik ialah ada income (penghasilan) untuk mengetahui arus kas bulanan dan memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan;ada expenses (pengeluaran) untuk mengetahui memotong kebiasaan konsumtif,gunakan tabungan yang bebas biaya admin,maksimalkan reward yang ada dan memonitor pengeluaran (mingguan/bulanan);saving (tabungan) untuk mengetahui mengoptimalkan fitur tabungan dan lakukan budgeting.Budgeting (anggaran) yaitu gaji/bonus,hasil investasi,pendapatan pasif,pemasukan,pajak,donasi,menabung/investasi,premi asuransi,cicilan dan pengeluaran bulanan.

Susan Sandy

 

Posting Komentar

0 Komentar