Unordered List

6/recent/ticker-posts

Dinas P dan K Tangsel Mendukung Stella Maris - BSD




 Tangerang Selatan, Gagas Indonesia Satu.com 

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan   memberikan dukungan sekolah Stella Maris - Bumi Serpong Damai (BMI) karena telah melakukan proses pembelajaran yang bermakna dan bermutu. Oleh karena dalam proses itu  ada nilai-nilai kepemimpinan, gotong royong, juga ada  nilai kerja sama bahkan dalam proses itu pula ada daya untuk memecahkan suatu masalah,''  demikian dikatakan Muslim, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tangerang Selatan dalam acara penutupan Enterpreneur 2023, Sabtu  ( 11 Februari 2023) di halaman sekolah Stella Maris, Bumi Serpong Damai, Tangsel. 

Muslim hadir mewakili Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. Turut hadir dalam acara penutupan Ketua Dewan Pendidikan Tangsel, Maman Saifurahman, Head of School Stella Maris BSD  Uning Anastasia Widyastuti, Ketua Panitia Enterpreneurs  Stella Maris 2023, Maria Frederica Fajarwati  juga sekitar  200 an orangtua/ walimurid yang mendampingi putera dan puteri mereka. 

Muslim lebih lanjut mengatakan kegiatan yang dilakukan bersama -sama  dalam interaksi antar mereka  maka ketika menghadapi kesulitan   maka mereka akan berusaha untuk mengatasi masalah yang dihadapi selama mengikuti kegiatan. " Kesulitan yang dihadapi justru mendorong mereka untuk mengatasi,'' kata Muslim. 

"Kesulitan lain misalnya ada pola pikir bahwa kegiatan ini menganggu pelajaran itu adalah mindset yang salah, justru kegiatan ini peserta didik mendapatkan pembelajaran bermakna bahkan nilai-nilai yang diterima dalam proses ini sangat membantu. Ada kerja sama, gotong royong , kejujuran,'' kata Muslim di hadapan ratusan pengunjung Enterpreneur 2023. 

Kegiatan selama seminggu itu dilaksanakan Stella Maris sebagai ikon sekolah ini yang selalu mengedepankan enterpreneur. Karena sejatinya kegiatan ini juga merupakan bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar yang saat ini sedang dilaksanakan di sekolah-sekolah. Maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel akan terus dan selalu mendukung Stella Maris. Buktinya setiap kali Stella Maris menyelenggarakan kegiatan  selalu dihadiri Dinas P dan K setempat.

Uning Anastasia Widyastuti  menjelaskan untuk menumbuhkan  semangat enterpreneur lembaga ini merumuskan 14 karakter yang selalu ditanamkan kepada peserta didik. Seperti hari ini siswa -siswi SMP dan SMA sebelumnya secara teori merancang kegiatan membuat makanan tertentu , mulai dari perencanaan , pelaksanaan  sampai dengan evaluasi kegiatan. Demikian juga di jenjang TK- SD membuat produk tertentu kemudian dijual kepada pengunjung. "Jadi bukan hanya teori yang mereka dapatkan tapi melakukan praktik,'' jelas Uning. 

Maria Frederica Fajarwati selaku Ketua Panitia mengatakan Enterpreneur 2023 dimulai pada 6 Februari dan diakhiri 11 Februari 2023. Berbagai kegiatan diikuti mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Lomba dikuti Kelompok Bermain menangkap ikan dengan bantuan tangan orangtua, untuk SD lomba Valentine Fashion show, membuat produk recycle, membuat produk inovasi. 

''Untuk  lomba diikuti SMP inovasi kreasi berbahan dasar atau bahan baku singkong  dan SMA dilakukan lomba foodpreneur  dan mengekspresikan dessert dari buah-buahan. Selain itu ada juga talk show dan seminar dari nara sumber melibatkan nara sumber alumni yang berpengalaman dalam berwirausaha,'' katanya. 

Enterpreneur Week adalah kegiatan rutin setiap tahun yang diikuti berbagai usaha dan lomba yang berkaitan dengan kewirausahaan. Terlihat seluruh peserta antusias, buktinya bukan hanya produk makanan atau bahan yang dijual saat yang sama siswa -siswi menunjukkan kebolehan dalam berbagai bidang misalnya seni suara, tarian, kemampuan bermain drum  dan kemampuan lainnya. 

Ketua Dewan Pendidikan Tangsel, Maman Saifurahman mengapresiasi  seluruh kegiatan Stella Maris. Dikakatan kegiatan pembelajaran di sekolah swasta bisa memberikan inspirasi bagi sekolah negeri. Diakui sekolah negeri kadang juga memiliki keterbatasan  dan apa yang dilakukan Stella Maris menjadi contoh bahwa sekolah swasta mempunyai peran strategis dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan.  

Caecilia Yenny Aries P. S.E M. Pd mengatakan sebagian besar lulusan SMA Stella Maris  BSD menjadi enterpreneur. Meskipun mereka  sedang kuliah namun usaha melakukan kegiatan yang bisa menginsirasi. Karena itu kegiatan sepekan ini ada sesi jumpa alumni yang  giat berwirausaha  membagi pengalaman di unit SMP dan SMA. ***  Konrad R ,Mangu  




keterangan; foto Muslim sedang menyampaikan sambutan foto 2. Anak anak TK sedang menjajakan barang jualan ( foto konrad mangu) 

https://youtu.be/UJXotpXPxCY

   

Posting Komentar

0 Komentar