Unordered List

6/recent/ticker-posts

Pesan Imlek 2574 dari Gedung Vippassi - UBD

 




Tangerang, Gagas Indonesia Satu.com

SEBANYAK 900 an peserta terdiri dari siswa-siswi sekolah Perguruan Setia Bhakti, menghadiri perayaan Imlek 2574 bertempat di Gedung Vippassi, Universitas Buddhi Dharma  (UBD) - Tangerang, Jumat ( 3 Februari 2023). Perayaan ini dilaksanakan dari panitia sekolah yang beralamat di Jalan Kisamaun no 171 Tangerang.

Turut hadir Ketua Umum Perkumpulan Boen Tek Bio (BTB), Ruby Santamoko, A.S MMPD Direktur Sekolah Setia Bhakti. Mulio Kantjana, S.Kom, Direktur Sekolah Buddhi, Edy Kurniawan, S.E,MM para kepala sekolah TK, SD, SMA, dan SMK sekolah Setia Bhakti. Selain itu juga turut hadir rektor UBD, Dr. Limajatini, SE, MM, BKP juga dihadiri para orangtua murid  murid dari TK sampai dengan SMA/SMK.

Yang terlihat unik dari perayaan Imlek itu, nuansa kedaerahan, hal ini terbukti seluruh kepala sekolah yang hadir memakai  busana tradisonal daerah tertentu sedangkan siswa – siswi menggunakan busana merah yang mendominasi perayaan sebagai kekhasan Imlek. Perayan meriah terlihat sangat spektakuler itu mengusung tema “Ming Liang Era = Menuju ke masa gemilang).

Perayaan Imlek diisi berbagai penampilan menarik, seperti drama singkat, lagu-lagu dalam paduan suara, dance atau tarian juga penampilan wushu yang memukau seluruh penonoton yang hadir. Wushu adalah olahraga yang menampilkan aspek seni, juga olahraga kesehatan.

Direktur Sekolah Setia Bhakti, Mulio Kantjana , S.Kom ketika menyampaikan sambutan  merasa bahagia karena Imlek dirayakan secara ofline. Dua tahun sebelumnya Imlek dirayakan secara online.

Ia memuji kegiatan yang digagas, dirancang  siswa-siswa SMK Setia Bahkti jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) berkolaborasi dengan jurusan multimedia , perkantoran dan akuntansi juga seluruh unit. Ia  memuji dan mengapresiasi kerja seluruh panitia sehingga, kegiatan berlangsung baik dan sukses. Kegiatan ini dikerjakan dengan penuh semangat, bahkan dengan perjuangan yang luar biasa sehingga terlaksana pentas budaya Imlek 2574 ini dengan baik.

Ketua Umum Perkumpulan Boen Tek Bio (BTB), Budi Santamoko,  dalam sambutan mengisahkan tentang keberadaan kiprah BTB. Tepatnya 3 maret 1973, pada awalnya membuka TK Confusianis dan itu menjadi cikal bakal selanjutnya sampai pada pendirian UBD yang tahun ini berusia 8 tahun.


‘’Berawal dari suatu tekad kecil di Jalan Kisamaun  selanjutnya dibangun sekolah mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK hingga saat ini. Kemudian  pada tahun 1985 berdirilah sekolah Buddhi hingga kini. Bahkan untuk universitas telah diizinkan membuka program S2 di UBD,’’ jelas ketua BTB disambut tepuk tangan meriah.

Ketua BTB juga memberikan motivasi yang telah membuat suatu pertunjukan yang spektakuler. “Saya juga atas nama BTB menyampaikan atas terselenggaranya Festival Budaya di Imlek tahun ini,’’ katanya.

Drama singkat yang diperankan siswa –siswi SMK Setia Bhakti memmbawa pesan moral yang mendalam dan menginspirasi. Anak yang hidup dalam keluarga yang sedang bertumbuh menjadi pribadi remaja, perlu membawa dirinya agar selalu berada di jalan yang benar. Namun faktor lingkungan sangat berpengaruh karena kepribadian terbentuk tidak lepas dari faktor sesama teman dalam lingkungan yang ikut mempengaruhi.

Sosok Brian yang ada dalam cerita hidup dengan perilaku suka mabuk dan suka pulang malam akhirnya tersadar ketika melihat orang-orang yang di sekelilingnya mengembangkan kemampuan bakat semisal menari, berolahraga wushu maupun kreativitas lainnya seperti menyanyi dan menari.  Ini adalah pesan moral yang tersaji drama yang ditulis Mr. Serius Zebua.




Perayaan meriah ini dilengkapi dengan narasi Imlek yang disampaikan WS. Yudi Brata dengan menyampaikan kondisi  bangsa dan refleksi mendalam apa yang dilakukan selama tahun 2023. Semoga Tahun Baru Imlek membawa keberkahan, inilah pesan Imlek dari gedung Vippassi UBD. *** 

                                                                                                            Konrad R. Mangu

Posting Komentar

0 Komentar