Unordered List

6/recent/ticker-posts

Pesan Penting Pesta Pelindung Sekolah Maria Mediatrix

 



Tangerang, Gagas Indonesia Satu.com

Keluarga Besar Persekolahan Maria Mediatrix yang terletak di Jl.  Pinus, Pondok Rezeki, Pasar Kemis,Tangerang,  Sabtu  ( 25 Maret 2023) merayakan pesta  pelindung sekolah itu. Perayaan  itu bertepatan  dengan Hari Raya  Maria Menerima  Kabar Suka cita.

 

Ungkapan suka cita diwujudkan dalam Perayaan Ekaristi Kudus bertempat di ruang sekolah SD Maria Mediatrix, dipimpin  Pastor  Yosef Harbelubun, MSC juga dihadiri  para kepala sekolah  setiap jenjang mulai  dari TK, SD, SMP, SMA  dan SMK Maria Mediatrix. Hadir pula  Ketua Yayasan Bintang Timur, Sr. Epivany, TMM,perwakilan para orangtua murid, dewan guru  serta  seluruh karyawan sekolah TMM.

 

Perayaan syukur itu  mengusung  tema “ Aku ini  hamba Tuhan terjadilah padaku menurut perkataan-Mu”. Yang unik dari  perayaan  ini, seluruh jenjang satuan pendidikan menunjukkan kebolehan dalam  bidang  seni, tari  dan lain-lainnya,  bahkan  para suster larut  dalam kegembiraan  dengan menari jai  khas Flores.

 

Ketua  Panitia Pesta Pelindung sekolah MM, Ferdinandus  dari unit SMK Maria  Mediatrix menjelaskan perayaan  dalam suasana penuh kegembiraan sebagai bukti kasih Allah yang nyata bahkan dengan caranya  sendiri, melalui perlindungan perjalanan  Lembaga Pendidikan ini. Dalam peristiwa Maria menerima kabar suka cita, terlihat  peran Maria sangat besar  ikut mewujudkan karya  keselamatan  Allah,maka   pantas  keluarga  besar Maria Mediatrix  pantas  mengucap syukur atas  kebaikan diterima  dari  Allah selama ini.

 Pastor Yosef  dalam kotbahnya mengatakan  sesuatu yang baik selalu mendatangkansuka cita, gembira  apabila , dipahami itu dengan  baik. Kalau kita bisa mengerti dengan  baik, maka sesuatu itu  bisa diterima  itu  bisa membawa   sukcita  dan kegembiraan  dalam hidup kita.


“Bisa dibayangkan  ketika  Maria  menerima  kabar dari malaikat  itu. Maria  tidak mudah menerima  disampaikan  oleh malakiat Tuhan. Berita  yang disampaikan itu   tidak bisa dimengerti   dengan  baik oleh Maria. Sesuatu  yang  tidak masuk  akal, karena  bagaimana  mungkin   ia bisa melahirkan  sementara  ia tidak bersuami,’’ kata pastor Yosef


Lebih lanjut dikatakan, apa yang tidak mungkin bagi manusia tapi mungkin bagi Allah. Sesuatu  yang   bagi manusia tidak masuk akal  tapi bisa menjadi  mungkin bagi Allah.  Dalam percakapanitu  direnungkan apa yang dialami itu adalah  semata-mata pekerjaan Allah. Manusia memiliki  keterbatasan sedangkan Allah itu tidak terbatas, karena Allah   ada di luar  batas.

 

Ketika Allah menyatakan  kesanggupan akhirnya   Maria  mengatakan “Aku ini hamba Tuhan terjadilah  padaku menurut  perkataan-Mu”. Maria  sungguh mengimani  apa yang dilakukan Allah,meskipun  tidak mungkin  bagi manusia  tapi semua  mungkin bagi Allah. “Iman  itulah yang  membuatnya melakukan  tugas yang sangat berat, di luar batas kemampuan  manusia,’’  katanya.

Pastor Yosef mengisahkan perjalanan  belum lama ini ke Vietnam dijumpai suasana di sana  di  mana  umat selalu giat  dalam  devosi kepada Bunda Maria. Meski  negara ini dikenal komunis, pemerintah setempat  memberikan kesempatan  seluas-luasnya kepada berbagai agama untuk melakukan kegiatan keagamaan. Umat di sana dikenal  taat  dan rajin berdevosi kepada Bunda Maria. Nah, kisah ini sebagai  ajakan  bagi semua yang  hadir selalu datang kepada Tuhan  dengan pertolongan Bunda Maria sehingga  selalu  mendoakan kita  dalam   menghadap kesulitan.

Sr. Epivany, TMM  mengungkapkan Lembaga Pendidikan  Katolik lewat  visi dan misi sekolah semangat ini  untuk selalu dihidupi. Ia menyebut sekolahj ini melewati berbagai pengalaman, lewat  pendiri sangat peduli di bidang pendidikan  ikut melayani  orang-orang kecil, termasuk  di Tangerang.


                                   

Ia mengakui  bahwa  setiap  hal pasti ada tantangan dan ia melihatnya keberadaan sekolah ini  adalah karya  Allah. Ia melihatnya  dalam “kaca mata”  iman bahwa karya yang sudah  dan sedang dilakukan ini dari dimensi rohani karena kehendak Tuhan, maka  ketika menghadapi tantangan selalu berusaha  dan tentu meminta pertolongan  dan selalu berjalan Tuhan.

Kemeriahan pesta pelindung sekolah diisi dengan ragam pentas seni yang menghadirkan  para peserta didik, para guru , karyawan dan para suster TMM. Harapan kemeriahan pesta pelindung semoga Lembaga  Pendidikan ini makin dikenal luas karena ikut mewartakan kebaikan Tuhan.

  Konrad Mangu

Keterangan foto: pastor Yosef , MSC membawakan kotbah, pentas  seni yang menghadirkan peserta  didik   (Konrad  mangu)

Posting Komentar

0 Komentar