Unordered List

6/recent/ticker-posts

RAT KSP CU Madani: Bisa Menjadi Inspirasi

 



 

Tangerang, Gagas Indonesia Satu.comnews

SEBANYAK   300-an anggota koperasi  CU Madani mengikuti Rapat Akhir Tahun (RAT), Minggu  ( 5 Maret 2023)  bertempat di kantor balai RW 09, Pondok Sejahtera beralamat di Jalan Kepondang , tak jauh dari Kantor CU Madani. Sebelumnya telah dilakukasn Pra RAT   menjelang akhir tahun 2022. Peserta yang  hadir pada hari itu cukup banyak  dengan mengusung  tema “Tangguh  oleh kita untuk Kita  Menuju Sejehatera” 

Turut Hadir  di  RAT 2022 itu, Kementerian Koperasi dan UKM yang diwakili  Try Adi Putra secara  daring, Pengurus  Kopdit Jakarta, Beny Bubun, Forum Koperasi  KAJ, Melyanus,  kepala  paroki Paroki St Gregorius Agung Kutabumi, Cosmas Wahyu Christian Pr, Ketua Umum Koperasi KSP CU Madani, Sipari Wator, CEO KSP CU Madani, Cornelis  Try Suyitno, para  pengurus koperasi CU Madani. 

RAT  diawali dengan acara pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa dan kata sambutan. Setelah mendengarkan sambutan Rapat  Anggota Tahun 2022 dipandu oleh  Lisawati Lase (Anggota  DPRD Kabupaten Tangerang Fraksi PDIP). Seluruh jalan acara ini dipandu  oleh  anggota fraksi PDIP ini. 

Seperti dijelaskan staf dari Pukspodit Jakarta, Beny Bubun menjelaskan Kodit Jakarta terdiri dari 95 koperasi primer, yalni bermacam-macam seperti koperasi karyawan ada juga KSP ada juga KSU sehingga   kalau pertumbuhan koperasi primer bisa melakukan studi banding ke CU Madani. 

Ia menilai perkembangan pemberdayaan UKM di CU  Madani menjadi hal yang menarik  dan laik menjadi contoh.  Maka  selama  ini kami mendorong  jika  ada koperasi  lain yang ingin belajar, melalui studi  banding, pihaknya  selalu   memberikan  rekomendasi KSP CU Madani. 

“Maka  secara khsusus saya mengucapkan terima  kasih kepada Pak Sipri dan timnya dalam hal pemberdayaan UKM di KSP CU Madani. Jika koperasi -koperasi lain bemberdayaan melakukan  hanya  sebatas seminar CU Madani  ternyata sudah melakukan secara nyata,’’ kata staf Puskopdit Jakarta di  hadapan seluruh yang hadir. 

Diharapkan dengan adanya langkah maju dilakukan CU Madani dapat ditularkan kepada  calon pengurus yang sungguh-sungguh disiapkan dengan baik  agar koperasi ini terus maju berkembang sesuai dengan  harapan seluruh anggota. 

Ia juga berpesan  hal – hal baik ini dapat diikuti para  aktivis koperasi  sekarang untuk dapat  mengantar  KSP CU Madani masa yang akan datang  lebih baik.

Wakil Menteri Koperasi dan UKM, Aditya Putera mengingatkan perkembangan koperasi  yang sering disoroti akhir – ini menjadi perhatian, maka  hindari  untuk memberikan pinjaman kepada bukan anggota. Sebab pemberian pinjaman yang bukan anggota  sering membawa  mudarat  dari pada keuntungannya. 

Melaynus  dalam sambutan mengatakan, forum Komuniukasi Koperasi KAJ  sebenarnya bekerja sama dengan Puskopdit  dalam melakukan proses pelayanan anggota betul-betul maksimal  karena pengurus, pengawas, manajemen itu memiliki komptesi yang  cukup untuk mengurus CU. Maka  dengan alas an itu Forum Koperasi KAJ itu  ini baik , banyak orang-orang muda. Sebagai calon pemimpin koperasi masa depan yang akan membawa koperasi akan lebih baik. 

Pertumbuhan anggota menjadi kesulitan umum dalam koperasi. Maka kerja sama  seluruh anggota  untuk melakukan upaya -upaya nyata untuk menambah jumlah anggota, karena jumlah anggota  yang banyak memungkinkan dana cukup untuk diberikan pinjaman dan pengembalian  dana selanjutnya untuk kebutuhan anggota lain. 

Romo Cosmas Wahyu juga  menyampaikan bahwa telah menjadi anggota KSP CU Madani  bersama dengan romo rekan, RmYosef Purboyo Diaz. Hal baik yang dilakukan koperasi diharapkan terus melakukan  secara bersama-sama.

Sipri Wator  dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya  akan melakukan  program proteksi pinjaman  dan tabungan anggota karena ini yang disetujui  90 persen anggota yang menghendakinya. Maka  setiap fasilitas  apapun yang disediakan  CU Madani, kata Sipri  sangat tergantung  kemauan mayoritas  anggota. “Kalau  ada yang mengusulnya  semua anggota melakukan tour Bersama, pihaknya  akan menyetujui kalua itu keinginan mayoritas anggota,’’ katanya. * Konradus Mangu 


Ket foto; Pengurus dan manajemen koperasi CU Madani memimpin  RAT ( foto konrad  mangu)

Posting Komentar

0 Komentar