Unordered List

6/recent/ticker-posts

Agar Anak-anak Mengenal Tempat Ibadah Katolik

 





Witihama, Gagas Indonesia Satu.com

Untuk mengenal tentang tempat ibadah umat  Katolik sebanyak 21  anak TKK St  Arnoldus -Lamablawa, Kec.Witihama, Flores, melakukan  kunjungan ke Gereja Bunda Pembantu Abadi  (BPA) Paroki Witihama, Rabu (7 Juni 2023). Kunjungan ke gereja itu didampingi Kepala TKK St. Arnoldus Lamablawa, Sesilia Uba Latu, S,Pd dan seorang staf guru di TKK itu.

‘’Hari ini Rabu kami mendampingi  21 anak  untuk berkunjung ke gereja Paroki Witihama.Tujuannya anak – anak mengenal tentang tempat ibadah umat Katolik serta kelengkapan yang dipakai dalam kegiatan tersebut,’’ demikian Sesilia Uba Latu S.Pd melalui saluran telepon selesai mendampingi anak-anak ke gereja itu.

Kegiatan diawali di sekolah  dengan melakukan kegiatan senam  bersama  anak-anak  kemudian peserta dibawa dengan menggunakan pick up menuju ke pusat paroki.Kunjungan dipandu oleh kepala sekolah dan seorang staf guru.Pendamping memperkenalkan tempat ibadah, kelengkapan dipakai  selama ibadah.

Kunjungan ke gereja BPA Witihama, lanjut Sesilia sebenarnya  dilakukan  selama masa Prapaskah lalu  tapi karena alasan lain baru dilaksanakan hari ini. Pelaksanaan kegiatan  ini menurutnya  sesuai dengan tema-tema yang diajarkan di TKK. Sesuai dengan tema yang telah diajarkan maka hari ini anak-anak mengnjungi gereja, tempat ibadah umat Katolik.

Jadi kegiatan kunjungan sangat tergantung  tema “Misalnya tema “Diri Sendiri” “Keluarga” maka mereka akan mengunjungi  suatu keluarga  dan mengenal  anggota keluarga inti atau bisa juga tentang tanaman maka kami melakukan kegiatan  keluar  untuk membantu anak-anak belajar  secara langsung,’’jelasnya.

Dikatakan, sebelumnya anak-anak belajar tema tentang “Pekerjaan”, mereka didampingi dan mengnjungi RS Pulitoben Witihama. Mereka melihat langsung kegiatan pelayanan yang dilakukan para perawat  dan dokter yang penuh setia melayani pasien di lembaga milik kongregasi Carolus Boromeus (CB) itu.

Menurut Sesilia pembelajaran di  luar  kelas  sangat diperlukan anak-anak. Selain membantu anak menumbuhkan nilai-nilai karakter juga membawa anak anak belajar melihat secara langsung apa yang didengar dari gurunya. Kegiatan ini juga sebagai realisasi pelaksanaan P5 yang anjurkan pemerintah,anak -anak tidak hanya belajar di lingkungan kelas tapi di luar kelas. ** (Valery Kopong dan tim)

 

Posting Komentar

0 Komentar