Unordered List

6/recent/ticker-posts

Ibunda Romo Yustinus Meninggal Dunia

 


Jakarta, Gagas Indonesia Satu.com

Maria Laurentia Suwarsijatun Doemeri  (81), ibunda Romo Yustinus Ardianto, Pr meninggal dunia di R.S  Carolus Jakarta, Senin ( 26 Juni 2023). Romo Yus kini bertugas sebagai Direktur Pusat Pastoral Samadi, Klender.  Kepergian Doemeri meninggalkan duka mendalam bagi seluruh keluarga dan seluruh umat yang mengenalnya. Ratusan umat datang silih berganti melayat ibu Doemeri yang dikenal aktif menggereja itu.

Jenazah ibunda Rm Yus disemayamkan di Pusat Pastoral Samadi, Klender, Jakarta Timur sampai tadi malam, Senin (26/6)  dan dilakukan Misa Requeim yang dipimpin Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo  dan didampingi empat (4) orang imam termasuk Rm Yustinus Ardianto. Misa disiarkan secara daring dari Puspas Samadi, Klender. 

Ketika menyampaikan kesaksian Rm Yus menceritakan bahwa ibunya mulai sakit dan dirawat di ICU RS Carolus Jakarta, tanggal 15 Juni 2023. Oleh karena tidak mengalami perubahan berarti akhirnya menjalani perawatan di ruang lain untuk ditemani. Namun akhirnya pada Senin pagi (26 Juni) Doemeri menghadap Sang Pemilik kehidupan.

Pada bagian lain kesaksian Rm Yus, betapa ia melewati kehidupan penuh dengan kesusahan berpindah dari satu kontrakan ke  kontrakan  lain. Perjuangan hidup akhirnya mengantarnya melewati pendidikan calon imam dan ditahbiskan menjadi imam projo. Berbagai kisah yang penuh dengan air mata, juga mengispirasi bagaimana ibu Doemeri membesarkan lima anaknya sehingga menjadi anak yang sungguh – sungguh baik. Hal ini tak lepas dari kehidupan menggereja begitu aktif.

‘’Ibu saya dikenal aktif. Semua pekerjaan dijalankan seksi liturgi, aktif di WKRI, ketekis, pendamping misdinar, puteri sakristi, sekertaris PKK di lingkungan di Tangerang. Maka ketika melihat tugas pelayanan saya ke mana -mana aktif sesungguhnya “warisan” dari ibu,’’ kisah Romo Yus, yang berasal dari Paroki St Maria Tangerang (kini HSMPTB) dan Kutabumi.

Misa Requiem juga diisi dengan pemecikan air berkat kepada jenazah Doemeri oleh Kardinal Ignatius Suharyo juga penyematan bunga kepada jenazah almahrumah atas kekatifannya dalam wadah WKRI.

Menurut rencana seorang anaknya dari Jepang akan tiba malam ini pkl 23.00 wib dan jenazah ibunda Rm Yus akan dimakamkan di pemakaman umum Katolik di Selapajang, Tangerang, Rabu (28 Juni 2023). Seperti disaksikan banyak umat datang ke Samadi, untuk memberikan penghomatan terakhir bukan hanya umat tapi para imam yang adalah rekan -rekan Rm Yus. **Konradus R. Mangu

keterangan foto

Igatius Kardinal Suharyo memimpin misa Requiem di Pupas Samadi  

Posting Komentar

0 Komentar