Unordered List

6/recent/ticker-posts

Kader Posyandu Ikut Pelatihan Pemberian Vitamin A dan Obat Cacing

 



Larantuka, Gagas Indonesia Satu.com

- Sebanyak 14 orang yang terdiri dari Kader Posyandu dan tenaga kesehatan mengikuti Pelatihan  Pemberian   Suplementasi vitamin A dan obat Cacing yang digelar Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) bekerja sama dengan Vitamin Angels Indonesia,  bertempat di Aula Karykes Larantuka, Selasa (27/6).

Dalam sambutannya,  Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten  Flores Timur, dr. Ogie Silimalar  mengatakan hampir seluruh hidup manusia diintervensi oleh pemerintah, khususnya di bidang kesehatan mulai dari dalam kandungan hingga saat kematian.  

“Ada banyak bentuk intervensi yang dilakukan pemerintah dalam bidang kesehatan sejak kehamilan dan kelahiran  melalui layanan di posyandu dan  fasilitas layanan kesehatan lainnya.  Ketika menginjak remaja ada layanan posyandu remaja. Ketika hendak menikah intervensi kesehatan masih juga diberikan melalui Kursus Persiapan Perkawinan (KPP),  bahkan ketika berusia lanjut masih mendapatkan layanan melalui posyandu Lansia. Jadi keseluruhan hidup  kita sejak dari dalam kandungan hingga meninggal diintervensi oleh pemerintah melalui layanan kesehatan,” papar Kadis Ogie.

Karena itu Ogie berharap agar para kader dan tenaga kesehatan (Nakes) yang ikut dalam    pelatihan ini dapat menularkan pengetahuan yang didapat kepada rekan-rekan kader di posyandu masing-masing.

“Saat ini sudah banyak informasi yang bisa diakses. Tinggal buka google  dan ketik vitamin A atau obat cacing, maka semua informasi tentang itu keluar. Yang penting rajin baca saja dan bila perlu di rumah juga bisa diskusi dengan anak-anak tentang vitamin A dan obat cacing,” pinta Kadis  low profile ini. 

Kegiatan yang difasilitasi, Aris Gunawan dari  Vitamin Angels Indonesia Indonesia  ini berlangsung selama sehari yang dilakukan dengan berbagai metode, diantaranya penyampain materi,  diskusi,  dan simulasi pemberian kapsul Vitami A kepada anak usia 6-59 bulan dan tablet cacing pada anak usia 12-59 bulan.  Aris juga menekankan pentinganya memperhatikan tahapan pemberian Vitamin dan Tablet Obat Cacing serta langkah-langkah yang harus dilakukan mulai dari penyuluhan, persyaratan untuk mendapatkan layanan, pemberian  kapsul Vitamin A, pemberian tablet obat cacing, pencatatan dan pemberian konseling  melalui pedoman bergambar yang tersedia.    

Untuk diketahui, YKS dan Vitamin  Angels Indonesia sudah sejak lama melakukan kerja sama dalam penyediaan Vitamin A dan tablet obat cacing untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat Flores Timur teristimewa anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan atau usia emas. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan di Flores Timur dimana kegiatan yang sama sudah pernah juga dilakukan beberapa tahun silam dengan peserta dari kader posyandu yang berbeda.

Mansetus Balawala dari YKS mengharapkan  pelatihan ini berdampak pada praktek pemberian vitamin A dan tablet cacing oleh tenaga kesehatan dan kader posyandu pada setiap kali pemberian vitamin A dan tablet cacing kepada anak-anak.

“Terkadang di banyak tempat biasanya selalu menstandarkan kebiasaan yang salah dalam pemberian vitamin A dan tablet cacing. Jadi sesutau yang salah tapi dilakukan itu sebagai sebuah kebenaran.  Karena itu dengan pelatihan ini diharapkan kalau selama ini melakukan kesalahan bisa dirubah. Mari melakukan yang benar sesuai standar. Jadi kita perlu membiasakan yang standar bukan menstandarkan yang biasa dilakukan,’’ kata Balawala. (*)  

Posting Komentar

0 Komentar