Unordered List

6/recent/ticker-posts

Pastor Kol TNI AU Yos Bintoro Pr: Jadi Pemimpin Dibutuhkan Leadership for A Change




JAKARTA, Gagas Indonesia Satu.com

Pastor Paroki St. Agustinus Halim Perdanakusuma RD Kol (Sus) TNI-AU Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Pr, S. Fil, M.Sc, Pr mengatakan, menjadi pemimpin dibutuhkan atau dituntut dan siap menjadikan organisasi atau komunitas kepemimpinan yang mengubah, leadership for a change.

“Menjadi pemimpin juga dibutuhkan heroism, semangat pengorbanan seperti Yesus. Jadi, saat menghadapi ribuan orang bermodal dua ekor ikan dan lima potong roti seperti Yesus, seorang pemimpin harus siap ‘memberi makan’ banyak orang yang dipimpin lewat kepemimpinan melayani yang diemban,” ujar Romo Yos Bintoro Pr saat memberikan pengarahan usai Misa Peresmian Lingkungan Santo Andreas Rasul, Paroki Halim Perdanakusuma, Dekanat Jakarta Timur, Keuskupan Agung Jakarta, Senin (7/8).

Menurut Romo Yos yang saat ini menjabat juga Wakil Uskup di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri) atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI), memberi makan tidak dalam artian leksikal tetapi dalam mutu pelayanan dan pengorbanan kepada umat di bidang rohani maupun jasmani di lingkungan di mana ia mengemban tugas yang dipercayakan.

“Setiap orang yang dipercaya umat, harus siap menjadi pemimpin heroik ditopang kepemimpinan yang heroik pula, heroic leadership. Begitu pula seorang pemimpin itu tugasnya mengubah. Kalau tidak mengubah, dia bukan pemimpin. Yesus adalah pemimpin karena Yesus mengubah. Para murid Yesus juga menjadi pemimpin karena mereka mengubah,” katanya.

Pemimpin juga dituntut sikap dan sifat siap mengalah dalam kondisi apapun meskipun memiliki agenda pribadi maupun kantor yang menumpuk semata demi lingkungan atau organisasi di mana ia diberi kepercayaan umat sebagai pemimpin. Ia (pemimpin) rela memberikan, mempersembahkan yang terbaik dari mutu kepemimpinan dan pelayanan yang dimiliki demi orang banyak yang dipimpinnya.

 

“Satu hal paling penting seorang pemimpin adalah menjadi pelayan yang memuliakan orang lain, kepemimpinan yang melayani, servant leadership. Jadi pemimpin itu memberikan contoh, teladan, dan pelayanan sebagai hal utama. Pemimpin memandang orang lain lebih utama daripada diri sendiri. Kemepimpinan model ini sudah terbukti dari lingkungan induk, Santo Alexander Agung, sebelum dimekarkan jadi lingkungan Santo Andreas Rasul,” katanya.

Pastor Yos meminta agar contoh, teladan, dan semangat pelayanan merupakan tradisi Gereja Katolik yang diwariskan turun temurun. Jadi, kiat mengubah kepemimpinan menjadi heroik seperti para saksi iman, para santo dan santa serta para rasul perlu dan selalu dimiliki pemimpin guna menghadirkan semangat pelayanan di tengah masyarakat yang semakin nyata dalam mengemban tugas memuliakam orang lain.

“Jadi, kalau ditanya apa resep atau kiatnya. Katakan saja kiatnya adalah kepemimpinan yang heroik, memberi contoh dan teladan sebagai keutamaan sebuah organisasi. Itu saja. Pasti berkat terus mengalir, akan terjadi banyak mujizat. Pada pekan pertama September akan dilaksanakan pembekalan, rekoleksi bagi pengurus baru dan pengurus lama yang masih aktif yang akan diselenggarakan Dewan Paroki Pleno Halim Perdanakusuma,” ujar Romo Yos.

Usai rekoleksi, ujarnya, para pengurus tersebut mempersiapkan diri mengikuti prosesi pelantikan. Prosesi pelantikan dipimpin langsung Uskup Keuskupan Agung Jakarta pekan ketiga September. Ada kepercayaan baru dari panitia pelantikan paroki di mana Pak Marianus, ketua lingkungan yang terbentuk, sebagai wakil ketua panitia dua. Ketua dan wakil ketua satu kepanitiaam tersebut adalah dua prajurit penerbang aktif di lingkup TNI-AU.

“Kita berikan dukungan kepada ketua lingkungan agar memberikan pelayanan terbaik agar lingkungan semakin hidup. Ini yang diamanatkan Bapak Uskup Agung Jakarta. Kita tampilkan anak-anak kita seperti saat mereka tampil peresmian lingkungan baru ini. Kalau anak-anak tampil dalam setiap kegiatan lingkungan, malah tambah keren. Jangan lupa tampilkan juga UMKM kita melalui bazar, juga OMK kita ambil bagian,” katanya.

Ketua Lingkungan Santo Andreas Rasul Paroki Halim Perdanakusuma Marianus Pare Keytimu atas nama pengurus dan umat lingkungan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Romo Yos Bintoro karena berkenan meresmikan lingkungan yang baru terbentuk. Kehadiran Romo Yos diharapkan menjadi doa sekaligus harapan agar pengurus disemangati menunaikan mandat yang dipercayakan.

Marianus Keytimu juga menyampaikan terima kasih kepada ketua lingkungan induk, Santo Alexander Agung, sehingga atas bimbingannya sehingga lingkungan tersebut dimekarkan lagi menjadi sebuah lingkungan mandiri. Kehadiran Lingkungan Andreas Rasul menjadi sebuah kekuatan dan semangat baru melayani Tuhan dan sesama.

“Dukungan dan semangat para pengurus Lingkungan Santo Alexander Agung para pengurus dan umat akan bekerja keras memajukan lingkungan sehingga menjadi bagian kecil dari gereja guna mengemban tugas yang telah dipercayakan demi memuliakan nama Tuhan. Ibarat bayi, kami masih butuh bimbingan dan motivasi dari Romo Yos agar agenda paroki dapat terlaksana dengan sukses dan lancar,” ujar Marianus Keytimu.


Sedangkan Ketua Lingkungan Santo Alexander Agung Benny Lejap menyampaikan Syukur kepada Tuhan atas Misa peresmian Lingkungan Santo Andreas Rasul, ‘sang adik’ yang akan meramaikan dan menyemangati pelayanan pengurus bagi umat di lingkungan.

“Saya yakin mutu dan kualitas pelayanan pengurus kepada umat tak diragukan lagi. Saya percaya, melalui jamaan tangan Tuhan lingkungan baru akan semakin besar untuk memuliakan nama-Nya. Saya juga mengajak kita semua memanjatkan Syukur kepada Tuhan karena peresmian lingkungan baru ini semata rencana-Nya yang paling indah untuk kita semua,” ujar Benny, pria asal Pulau Lembata, NTT.

Acara berlangsung meriah dengan iringan koor lingkungan anggota lingkungan dan OMK serta penampilan anak-anak kecil yang membawakan lagu-lagu menghibur Romo Yos, pengurus DPH, para ketua lingkungan, dan umat di lingkup Paroki Halim Perdanakusuma. Romo Yos, pastor tantara yang energik, juga tampil menghibur umat dengan alunan suara merdu lalu memantik umat berjoget bersama di bawah iringan organis Richardus Hayon . Acara ditutup dengan santap malam bersama dalam suasana kekeluargaan. (***) R, Mangu Konradus 


Ket foto:

1. Pastor Paroki Santo Agustinus Halim Perdanakusuma RD Kol (Sus) TNI-AU Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Pr, S. Fil, M.Sc, Pr saat Misa Peresmian Lingkungan Santo Andreas Rasul, Paroki Halim Perdanakusuma, Dekanat Jakarta Timur, Keuskupan Agung Jakarta, Senin (7/8).

2. Pengurus Lingkungan Santo Andreas Rasul, Paroki Halim Perdanakusuma, Dekanat Jakarta Timur bersama Romo Yos Bintoro Pr

3.  Anak-anak kecil berfoto Bersama Romo Yos usai Misa berlangsung.

4. Umat Lingkungan Santo Andreas Rasul, Paroki Halim Perdanakusuma saat Misa peresmian.

Foto-foto: Dok. Humas dan Dokumentasi Lingkungan Santo Andreas Rasul

Posting Komentar

0 Komentar