Unordered List

6/recent/ticker-posts

Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Penyuluhan Konflik Sosial

 


Penyuluhan konflik sosial tersebut bertemakan "Bersama Membangun Budaya Damai Bagi Generasi Muda Dalam Antisipasi Pelaksanaan Pemilu 2024".  Acara tersebut dilaksanakan hari Rabu, 2 Agustus 2023 di gedung pertemuan Tangerang Center, Cimone. Dalam gedung tersebut diundang sebanyak 1500 peserta se-Kota Tangerang yang diantaranya terdapat 500 Mahasiswa Universitas Tangerang dan 1000 Pelajar SMA/K Kota Tangerang. Dilaksanakannya pembukaan pada jam 09.00 pagi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama yang dipandu oleh iringan musik instrumen.

Setelah menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia, dilanjutkan dengan penampilan dari pelajar SMAN 7 Kota Tangerang yang menampilkan tarian serta nyanyian. Penampilan yang megah tersebut berhasil menarik perhatian dari para peserta dan dihadiahi dengan tepuk tangan yang sangat meriah. Setelah penampilan tersebut meraih banyak sanjungan, acara dilanjutkan oleh MC yang memanggil perwakilan dari penyelenggara acara pada hari Rabu tersebut.  Disebutkan Tujuan acara yang tersenggelarakan yaitu membina politik yang diharapkan saat pemilu nanti penuh keceriaan dalam aspirasi dan memilih tanpa adanya intimidasi. 

Dengan mengundang pemilih pemula pelajar dan mahasiswa Kota Tangerang diharapkan para pemilih pemula tersebut dapat memahami 8 edukasi pemahaman untuk inspirasi dalam pemilu 2024 yang akan datang.  Disebutkan perbandingan 2019 dengan tingkat persentase 81,2% jumlah pemilih 1.199.000 juta jiwa dengan 266.000 yang golput, perbandingan 2024 pemilu tercatat 1.362.333 juta jiwa dengan pemilih baru sebanyak 363.333 ribu jiwa.  Dengan mengundang 8 Narasumber diantaranya yaitu; Rektor UNIS Tangerang, POLRES METRO Tangerang Kota, KODIM 0606 Tangerang, Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Kepala cabang pendidikan dan kebudayaan, Ketua KPU Kota Tangerang, Dosen Muhamadiyah, Ketua KMPE Kota Tangerang. 

 

Turut menyampaikan sambutan Arief Wismansyah selaku Wali Kota Tangerang. Setelah sambutan dilontarkan oleh Wali Kota yang diakhiri dengan tepuk tangan meriah dari para peserta, MC membangun suasana dengan melakukan games tebak-tebakan pertanyaan seperti apa itu KPU dan siapa ketua KPU. Suasana berhasil terbangun dengan saut sautan dari para peserta. Telah diundang pula Bintang tamu yang sebelumnya dirahasiakan, bintang tamu yang dinanti-nanti itu merupakan salah satu pelawak dari acara TV terkenal yang sering disebut OVJ, pelawak tersebut ialah Aziz Gagap ditemani oleh rekannya.

Bintang tamu membawakan acara dengan lawakan yang khas dari mereka, lawakan itulah yang berhasil semakin membangun semangat dan alih fokus dari seluruh peserta. Sekitaran 10 menit untuk pembawaan dari bintang tamu yang lalu disambungkan dengan pembawaan dari band ARIRURERO, band terkenal asli dari Kota Tangerang, mereka membawakan 2 lagufavorit mereka.

Sesi pertama yang dibawakan oleh moderator. Diundangnya 4 pemateri yaitu Ketua KMPE Kota Tangerang Ilham Rambana, Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra, KODIM 0606 Tangerang Kolonel Ali Imran, KAPOLRES Tangerang Kompol Yenmiko Sianturi S,SOS. Materi pertama dibawakan oleh Ilham Prambana selaku Ketua KMPE Kota Tangerang yang membawakan cara penggunaan media sosial dengan baik dan benar. Diberikannya cara membuat konten yang baik dan terus berkembang sampai dijelaskannya apa yang sedang terjadi dalam dunia maya itu.

Sementara itu  materi kedua dibawakan oleh Kolonel Ali Imran selaku perwakilan KODIM 0606 Tangerang, Beliau menjelaskan tentang peran generasi muda dalam penjaga dan keutuhan bangsa, salah satunya dengan pemilu. Dari materi tersebut terjelaskan tentang generasi muda, harapan-harapan dari Tokoh Bangsa kepada generasi muda, hingga membahas parpol yang lolos menjadi peserta pemilu. Kolonel Ali Imran mengutarakan kata penyemangat dan motivasi yaitu CHANGE FOR THE BETTER bagi para peserta.

Materi yang dibawakan oleh Kapolres Tangerang membagas tentang geografi dan demografi di Kota Tangerang terkait pemilu 2024. Dijelaskan pula data kerawanan tawuran sebagai kesadaran bagi para peserta akan hal tersebut. Selain itu dibahasnya gangguan informasi dan larangan tempat kampanye. Pemateri terakhir dibawakan oleh ketua KPU Tangerang yaitu bp. Ahmad Syailendra. Materi yang dibawakan cukup mirip dengan 3 pemateri lainnya yaitu materi tentang peran generasi muda dalam pemilu. Diingatkan pada generasi muda untuk memilih dengan bijak dan mengetahui visi misi dari calon yang dipilih. Beliau berharap agar para peserta menjadi pemilih yang cerdas dan juga pemilu 2024 damai tanpa adanya konflik.   

Satu sesi telah selesai yang kemudian dibuka sesi bertanya dengan kuota 3 pertanyaan, 1 pertanyaan pelajar, 1 pertanyaan mahasiswa, 1 pertanyaan peserta secara acak. 3 pertanyaan telah ditanyakan kepada pemateri dan dijawab baik oleh pemateri yang bersangkutan. Pada istirahat tersebut tentunya tidak hanya berdiam saja di tempat namun para peserta kembali dihibur oleh bintang tamu yang membuat pertanyaan teka-teki berhadiah souvenir. Dua orang  peserta berhasil terpilih oleh bintang tamu tersebut. Pertanyaan yang ditanyakan tentu saja tidak mudah, dilontarkan lah pertanyaan candaan yang mampu membuat seluruh peserta kebingungan dengan jawabannya. Namun kemudian dilontarkan pula pertanyaan yang dapat dijawab cepat oleh peserta terpilih itu, mereka berdua berhasil mendapatkan souvenir berupa kaos.

Acara yang dihadiri  rata rata kaum  muda itu  sangat menarik dan  menyedot perhatian peserta. Beberapa lagu dinyanyikan seretalh request dari para peserta. Sekitar jam 13.00 istirahat telah berakhir dan dilanjutkan dengan sesi kedua dengan sisa pemateri sebanyak 4 orang tersebut. Masih terus berkaitan dengan media sosial, generasi muda dan juga pemilu. Acara diakhiri dengan penampilan kembali oleh band ARIRURERO yang terkenal itu. (   Crezzencia-DKV 1  SMK Setia Bhakti)

Posting Komentar

0 Komentar