Unordered List

6/recent/ticker-posts

PIMPINAN HARIAN SINKRON TERIMA PENGHARGAAN INOVATOR PENDIDIKAN 2023

 

Agnetis Da Noa, Pimpinan Harian Simpul Inspirasi Kreasi Nusantara (SINKRON) terima penghargaan sebagai Inovator terbaik ke 2, Kategori Pendidikan Tingkat Kabupaten Flores Timur Tahun 2023. Apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Flores Timur tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 78 ini, setelah melewati tahapan Lomba Inovasi Daerah tingkat Kabupaten Flores Timur Tahun 2023 yang diselenggarakan Pemda Flotim melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda).

Lomba Inovasi Daerah dibuka untuk tata kelola pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat dan kategori pendidikan. Tahapan Lomba Inovasi daerah berlangsung sejak Bulan Februari 2023 dimulai dari pendaftaran secara online melalui google formulir, pengajuan proposal, uji proposal melalui prestasi, dan uji petik di lapangan untuk pembuktian kevalidan data yang diprestasikan.

Berdasarkan data Bappelitbang Kabupaten Flores Timur yang dibacakan usai Apel 17 Agustus 2023 adapun tiga pemenang masing-masing kategori diantaranya, kategori pendidikan, pemenang terbaik pertama inovasi Teras Baca Ile Napo dari Solor yang diusul oleh Yohanes Dionisius Dani, Guru Matematika pada SMPN 1 Solor Timur, sementara terbaik kedua, Inovasi Simpul Inspirasi Kreasi Nusantara/ Sinkron yang diusulkan oleh Agnetis Da Noa, Guru Bahasa Inggris pada SMPS Katolik Baipito Watowiti.

Kategori Perangkat Daerah, pemenang terbaik pertama inovasi Kris Bel dari Kelurahan Balela diusulkan oleh Lurah Balela, Yohanes Eka Putra Lamuri, terbaik kedua inovasi Bapeda dari Kecamatan Lewolema diusulkan oleh Elias Sayang Hala, terbaik ketiga inovasi KB Mobile dari Puskesmas Nagi diusulkan oleh Maria Yakoba Eliriani.

Kategori Masyarakat, pemenang pertama inovasi Minuman Herbal dan Bunga Telang dari Konga diusulkan oleh Totok Purwanto, terbaik kedua inovasi pasar barter di Serikat Pekka Lodan Doe dari Kelubagolit diusulkan oleh Maria Abon Boli, terbaik ketiga inovasi Kampung Crearive dari Pledo diusulkan oleh Yose Finus.

Apolonia Corebima, SE., M.Si, Kepala Bappelitbangda mengatakan, Lomba Inovasi daerah dilaksanakan untuk memberikan spirit dan motivasi dalam berinovasi sekaligus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal, juga meningkatkan daya saing daerah.

Agnes Da Noa
"Lomba inovasi bertujuan untuk memberi apresiasi dan penghargaan bagi para inovator untuk terus mengembangkan kreasi dan inovasinya. Tahun ini ada peningkatan peserta tahun lalu hanya 14 peserta dan tahun ini mencapai 20 inovasi. Pertanda baik. Semoga dari tahun ke tahun partisipasi masyarakat terus bertambah. Kita berharap, inovasi tidak saja selesai saat adanya lomba, tetapi terus dikembangkan hingga memberikan manfaat pada lingkungan sekitar," kata Apolonia.

     Agnetis Da Noa, Pimpinan Harian Sinkron usai menerima penghargaan dari Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, Kamis (17/8/) mengatakan penting bagi pemerintah, sektor swasta dan masyarakat mendorong dan mendukung budaya inovasi di daerah sampai terciptanya lingkungan yang mendukung para inovator, meraih potensi penuhnya untuk melahirkan sebuah perubahan. "Sinkron belum melakukan banyak hal. Namun komitmen untuk berkarya akan terus kami jalankan, hingga mampu menginspirasi. Melalui gerakan pada bidang pendidikan, literasi, budaya, seni, digitalisasi, kepemudaan dan pariwisata kami akan berkontribusi dalam pembangunan di daerah ini," kata Agnetis.***(Humas PGRI Flotim)

Posting Komentar

0 Komentar