Unordered List

6/recent/ticker-posts

Barnabas dan Paulus

 


Minggu, 10 September 2023, bertempat di gereja Santo Gregorius Agung, dilaksanakannya acara seminar yang menghadirkan seorang ahli kitab suci, Romo Roby Wowor, OFM.  Dengan cara penuturan yang sederhana, beliau mengulas tentang sosok Barnabas yang dilihat sebagai salah seorang yang berperan penting membawa Paulus dan memperkenalkannya pada kedua belas murid. Barnabas, nama aslinya Yusuf. Ia dijuluki sebagai Barnabas, anak penghiburan. Kita bisa membayangkan, betapa menyenangkan  sosok seorang anak penghibur. Peranannya dalam membangun jemaat perdana menjadi penting, terutama menjual harta kekayaan dan hasilnya digunakan untuk membantu anggota kelompok jemaat yang kurang mampu. Ketika terjadi perselisihan di antara anggota kelompok, Barnabas tampil untuk memberikan kesejukan pada orang-orang yang bersilang pendapat.

Barnabas berperan untuk menghadirkan Paulus dan meyakinkan para murid Yesus bahwa Saulus sudah mengalami pertobatan dan menjadi pengikut Yesus. Memang tidak gampang untuk memberikan gambaran akan pribadi Saulus yang telah bertobat dan mengenakan nama Paulus karena sepak terjang kehidupan masa lalunya sangat bertolak belakang. Saulus menjadi musuh utama bagi mereka yang menamakan diri sebagai pengikut Yesus. Kepribadian Paulus yang sebelumnya dikenal sebagai “preman jalanan,” kini mengenakan Kristus di dalam hidupnya. Perubahan hidup inilah yang menjadi modal utama untuk bisa bergabung dengan kelompok Jemaat Anthiokia dan berelasi dengan para murid Yesus.

Kita tahu bahwa pada masa-masa awal kekristenan, munculnya beberapa kelompok yang menamakan diri sebagai pengikut Kristus. Ada kelompok Yerusalem, kelompok Efesus dan juga kelompok Anthiokia. Di Anthiokia, kelompok kekristenan awal ini sangat berkembang dan pengikut-Nya semakin hari semakin bertambah. Ketika kelompok-kelompok di luar Anthiokia bubar, hanya Anthiokia yang bisa bertahan dan bahkan nama “Kristen” pertama kali muncul di kelompok Anthiokia. Dua sosok yang sangat berpengaruh pada kelompok Anthiokia adalah Barnabas dan Paulus. Paulus dan Barnabas mulai melebarkan karya pewartaan tentang Kristus. Seluruh pengalaman iman ditulis oleh Paulus dalam surat-suratnya dan bisa menjadi rujukan bagi kita untuk mengenal dan mengimani DIA.***(Valery Kopong)   

 

Posting Komentar

0 Komentar