Unordered List

6/recent/ticker-posts

Mencari Sosok Cawapres

 


Beberapa hari belakangan ini, PDIP dan partai-partai koalisi sedang sibuk mencari figur-figur yang layak mendampingi Ganjar Pranowo sebagai cawapres. Memang, proses pencarian figur cawapres ini tidak dilihat sebagai hal biasa tetapi justeru sangat menentukan pilihan politik masyarakat. Banyak aspek yang digali dari latar belakang cawapres terutama mengenai peta kedaerahan dan seberapa jauh pengaruhnya terhadap elektabilitas capres yang telah diusung itu. Artinya bahwa kehadiran cawapres yang akan ditentukan secara definitif, memiliki pengaruh elektoral.

Ada tiga nama yang  mencuat di kalangan PDIP, yakni Prof. Mahfud MD, Sandiaga Uno dan Ridwal Kamil. Tiga figur cawapres ini sedang digodok dan pada akhirnya ditetapkan berdasarkan kalkulasi politik. Kekuatan politik dan pengaruh PDIP di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, sangat menonjol, apalagi Ganjar adalah putera dari Jawa Tengah sehingga lumbung suara untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta masih terbilang aman. Meminang Mahfud MD merupakan sebuah peluang yang baik karena selama menjadi ketua MK dan Menko Polhukam, Mahfud MD menunjukkan kinerja yang baik. Kedekatannya dengan basis muslim, bisa mendongkrak suara, terutama di Jawa Timur dan Madura.

Bagaimana dengan figur Ridwan Kamil? Pengalaman PDIP dalam mengusung presiden dan menang pada dua periode berturut-turut selalu mengalami kekalahan di wilayah Jawa Barat dan Banten. Sangat mungkin Ridwan Kamil dipinang untuk menjadi pintu masuk dalam mendongkrak suara-suara di wilayah Sunda. Hanya menjadi persoalan adalah, apakah Golkar merelakan Ridwan Kamil sebagai kader partai Golkar  untuk ada bersama dengan PDIP karena nyatanya Golkar saat ini sedang berada di koalisi bersama Prabowo. Jika Ridwan Kamil resmi dipinang untuk menjadi cawapres Ganjar maka secara otomatis, Golkar berputar haluan untuk berkoalisi dengan PDIP.

Sementara itu, Sandiaga Uno yang saat ini masuk juga dalam radar pencarian  cawapres oleh PDIP. Sangat mungkin Sandiaga Uno bisa menjadi cawapres-nya Ganjar Pranowo karena mengingat bahwa PPP saat ini berkoalisi dengan PDIP. Tiga figur ini merupakan putra terbaik bangsa. Penentuan salah satu dari tiga orang ini menjadi cawapres-nya Ganjar oleh PDIP, tentu membawa perubahan dan mengubah peta perpolitikan bangsa. ***(Valery Kopong)  

 

Posting Komentar

0 Komentar