Unordered List

6/recent/ticker-posts

Ziarah dan Misa Penyembuhan Umat

 




Bogor, Gagas Indonesia Satu. com

ENAM puluh dua (62) umat Katolik lingkungan St. Kornelius Sepatan, Paroki Kutabumi, Tangerang, gereja St Gregorius Agung mengikuti ziarah dan misa Penyembuhan umat di Lembah Karmel, Cikanyere, Bogor, Minggu  (24 September 2023).

Ketua Lingkungan St Kornelius, Yohanes Tri Waluyo menerangkan  62 umat itu untuk saling menguatkan dalam  iman  dan persaudaraan.”Harapannya umat semakin bersatu, memperkuat persahabatan sehingga selalu mendukung dalam setiap pelayanan’’ katanya.

                                                        

Senada dengan Tri Waluyo, umat lingkungan Kornelius lainnya, Fransiskus Asisi Bambang Santoso  mengatakan di antara  62 umat untuk itu (mungkin ) tidak saling mengenal, kalau pun kenal hanya sebatas mengenal namanya sehingga lewat kegiatan inilah bisa menyatukan satu sama lainnya.

Sebagai orang Katolik ia menilai ziarah ini sangat penting. Dengan merenung, berdoa lewat ziarah itu umat selalu merasakan kasih Allah yang tiada terbatas itu. Misalnya penyertaan Tuhan setiap saat, nafas keidupan hingga kini dan sebagainya.

Menyinggung tentang keselamatan, Bambang melanjutkan biasanya diwujudkan dengan darah anak domba, kalau saat ini bisa dilakukan dengan ziarah, doa dan kesaksian. “Maka ziarah seperti hari ini sebagai  sarana intropeksi diri,’’ tambah Bambang.

Umat berangkat dari Sepatan menggunakan dua armada bis 05.30 dan tiba di Cikanyeren pkl 09.00  selanjutnya mengikuti perayaan Ekaristi Kudus Penyembuhan dipimpin secara konselebran termasuk Romo Yohanes Indra Kusuma, CSE. Pada bagian Ekaristi setelah komuni, umat yang menderita sakit didoakan para imam CSE untuk mendapatkan untuk kesembuhan.

Setelah misa umat secara bergilir didoakan oleh suster dan para frater CSE mendoakan umat yang membutuhkan penguatan lagi lewat doa.

Ziarah lingkungan diselingi dengan permainan (games) yang dipandu Ibu Fany dan Ibu Celsy dengan menyediakan beragam hadiah dari panitia.

                                            

Nuansa kebersamaan dirasakan dalam armada kendaraan yang mengantar para peziarah. Tidak hanya lagu-lagu Rohani Katolik yang dinyanyikan tapi lagu beragam tema dengan beragam Bahasa; Jawa, Flores, Batak bahkan Mandarin. Ziarah sungguh-sungguh menyatukan umat Kornelius. ***   

                                                                                                                            Konrad Mangu Bahy

Keterangan foto;peserta  ziarah pria dewasa (1) perempuan dewasa dan remaja dan anak – anak berfoto di lokasi Lembah Karmel Cikanyere.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar