Unordered List

6/recent/ticker-posts

Prodiakon Sebagai “Ujung Tombak”

                                                        


Tangerang, Gagas Indonesia Satu,com

FASILITATOR  inti Protokol Perlindungan Anak Dewasa  Rentan (PPADR), Yuni Wulur  mengatakan sosok Prodiakon yang melakukan pelayanan di gereja  sebagi “ujung tombak” yang paling diharapkan untuk menyampaikan kepada  seluruh umat untuk tetap  menjaga protokol melindungi anak dewasa  rentan. Betapa pentingnya mengetahui  PPADR sehingga  seluruh umat  merasakan adanya  kenyamanan ketika mengikuti berbagai kegiatan di gereja, yang mungkin dilakukan orang yang tidak  bertanggungjawab.

‘’Prodiakon sebagai sosok yang diharapkan,maka  ini menjadi  alasan mengapa Prodiakon dipilih menjadi peserta sosialisasi  khususnya PPADR,’’  kata  Yuni Wulur setelah menjadi narasumber  kegiatan pembinaan Prodiakon bertempat di aula Sekolah Vireta,Kutabumi, Kamis (28  September   2023).  Kegiatan  diikuti 62 Prodiakon  yang dinahkodai   Pius  Dwi.

Menurutnya Prodiakon  adalah  pelayan umat terdekat yang bisa menyampaikan informasi  penting   kepada umat di  lingkungannya. Sebelumnya  sosialisasi  dilakukan yang  sama  kepada para Seksi di paroki,ketua   kelompok  kategorial.

Yuni Wulur menambahkan harapan kegiatan  ini, setelah mengetahui tentang  protokol  perlindungan maka   umat  semakin paham  tentang  PPADR   sehingga   kegiatan  pelayanan  di  gereja  semakin nyaman dan aman, tehindar dari perilaku kekerasan  seks. Sebagai pembelajaran kegiatan sosialisasi ditayangkan video yang dilakukan pelayan gereja kepada sejumlah anak  yang  menjadi korban kekerasan seks di salah satu  paroki di Depok,Jawa Barat.

Sebelumnya mengenai PPADR telah dilakukan Workshop tentang perlindungan anak pada JUli lalu  diikuti para  pendamping  BIR dan BIA, juga  diikuti peserta   dari Paroki Kutabumi. Kepada para pendamping BIR BIA diperkenalkan  tentang PPADR juga bagaimana menyiapkan materi yang baik  sehingga menarik bagi anak BIR BIA, khususnya terhindar dari kekerasan oleh pelayan gereja. 

                                                                                                                                                  (Konradus R.Mangu )


Foto  :Yuni Wulur ( foto komsos gregorius agung )  

Posting Komentar

0 Komentar