Unordered List

6/recent/ticker-posts

‘BERSATU untuk mengakhiri kekerasan terhadap kelompok rentan dengan Gerak Bersama, Kenali Hukumnya, Lindungi Korban’


                                            


Kupang,  Gagas Indonesia Satu.com

 Kemitraan  NTT bergerak untuk Keadilan dan Kesetaraan merupakan jaringan masyarakat sipil yang terdiri dari Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) – Lembata, Yayasan Bumi Lestari (Sumba Timur), Perkumpulan Pendidikan Penguatan Kepemimpinan Perempuan dan Masyarakat (PeKa – PM) – Kab. Kupang, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)–Kupang, Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi (GARAMIN)– Kupang, Rumah Perempuan Kupang (RPK) - Kupang dan Yayasan Ume Daya Nusantara (UDN) – Kupang akan bergerak bersama untuk melakukan kampanye di wilayah dampingan masing-masing lembaga sesuai dengan mandat lembaga.  Rangkain kampanye dalam rangka memperingati :  Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan (25 November), Hari AIDS Sedunia (1 Desember) dan Hari Internasional bagi Penyandang  Disabilitas  (3 Desember ) dan Hari Hak Aasasi Manusia-HAM (10 Desember)..

Pemerintah telah mensahkan UU No. 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.  UU ini mengatur mengenai Pencegahan segala bentuk Tindak Pidana Kekerasan Seksual; Penanganan, Pelindungan, dan Pemulihan Hak Korban; koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah; dan kerja sama internasional agar Pencegahan dan Penanganan Korban kekerasan seksual dapat terlaksana dengan efektif. Selain itu, diatur juga keterlibatan Masyarakat dalam Pencegahan dan Pemulihan Korban agar dapat mewujudkan kondisi lingkungan yang bebas dari kekerasan seksual.

Sepanjang tahun 2022 sampai saat ini kelompok rentan : perempuan, perempuan miskin, perempuan kepala keluarga, anak perempuan, penyandang disabilitas dan orang dengan ODHA yang sering menjadi korban, baik korban kekerasan fisik maupun korban kekerasan verbal maupun stigmatisasi yang mereka hadapi di wilayah mereka.   Seharusnya dengan ada UU TPKS dapat memudahkan korban untuk  terlindungi dari kekerasan dan mendapatkan layanan, namun masih banyak korban yang belum mengetahui atau paham tentang peraturan tersebut.

Tahun ini Komnas Perempuan mengajak kelompok masyarakat dan organisasi masyarakat sipil untuk bersama mendorong implementasi UU TPKS di daerah masing-masing dan memastikan pemenuhan hak korban.

Dalam rangka hari Aids sedunia, tim berupaya menggalang dukungan publik dengan kampanye yang mencakup pencegahan penyebaran HIV/AIDS, dan juga pendidikan dan penyadaran akan isu-isu seputar permasalahan AIDS.  

Sementara untuk hari Penyandang Disabilitas sedunia, tujuan dari kampanye adalah untuk meningkatkan pemahaman publik akan isu mengenai penyandang disabilitas, pentingnya pengakuan, penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas di desa-desa di Kabupaten Kupang sebagai subyek pembangunan. Selain itu juga untuk membangkitkan kesadaran akan manfaat yang dapat diperoleh, baik oleh masyarakat maupun penyandang disabilitas dengan mengintegrasikan keberadaan penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini didukung oleh Program INKLUSI. Program Kemitraan Australia-Indonesia Menuju Masyarakat Inklusif atau Program INKLUSI adalah Program yang didukung oleh Pemerintah Australia, dan diasistensi oleh Bappenas, diupayakan untuk berkontribusi pada tujuan pembangunan yang lebih luas, yaitu tidak ada satupun yang tertinggal dalam pembangunan, lebih banyak kelompok marjinal berpartisipasi dan mendapat manfaat dari pembangunan di bidang sosial budaya, ekonomi, dan politik di Indonesia. Agenda bersama sebagai berikut:

AGENDA BERSAMA

Tanggal

Kegiatan

Lokasi

Mitra Pelaksana

23-Nov-23

PressCon

Kantor UDN

1. PKBI
2. RPK
3. UDN

4. GARAMIN
5. Lembaga Bumi Lestari
6. Peka-PM
7. YKS - Lembata

25-Nov-23

Jambore Kecamatan Peduli Perempuan, Anak dan Disabilitas

Desa Batuinan kec. Semau

PKBI dan UDN

25-Nov-23

Talkshow HAKTP Kenali Hukumnya Lindungi Korban di RRI Kupang

RRI Kupang

Rumah Perempuan Kupang

28-Nov-23

Kampanye HAKTP
( Kenali Hukumnya Lindungi Korban)

Lapas

1. Kupang : PKBI dan UDN

2. Sumba Timur : Lembaga Bumii Lestari

01-Dec-23

Mobile VCT ( Voluntary counselling dan Testing)

Tenau

1. PKBI

Kampanye HIV/ADIS

Larantuka

2. YKS Kolaborasi dengan KPA Flores Timur

Pelibatan aktif penyandang disabilitas melalui kelompok difabel desa di desa Inklusi

Kantor Bupati Kab Kupang

GARAMIN NTT

02-Dec-23

Pertemuan dengan ODHA Kab/Kota ( Perempuan dan Anak)

Kab/Kota

PKBI

Talkshow : Gender, Seksualiti dan Feminsasi

 

Peka-PM

Kampanye Publik HAKTP Kenali Hukumnya Lindungi Korban di CFD

CFD Kupang

Rumah Perempuan Kupang

05-Dec-23

kampanye HAKTP
( Kenali Hukumnya Lindungi Korban)

SMA N1 OESAO ( Kupang Timur)

PKBI, GARAMIN, RPK dan UDN

Sumba Timur

Yayasan Bumi Lestari

08-Dec-23

Talkshow : Migrasi Aman Kespro,  HIV/AIDS

Hotel Annisa Lewoleba

Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS)


 

Laporan" Mans Balawala 




 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar