Unordered List

6/recent/ticker-posts

Imlek, Menumbuhkan Toleransi dan Saling Menghargai

                                                     

Tangerang, Gagas Indonesia Satu

Sekolah Stella Maris Gading Serpong, Tangerang  - Prov. Banten sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terus menerus konsisten meningkatkan sisi akademik tapi juga menekankan pembangunan karakter peserta didik. Untuk itu perayaan Imlek 2575 (2024 ) menjadi kesempatakan untuk menumbuhkan toleransi dan saling menghargai untuk kalangan peserta didik dan pergaulannya di tengah masyarakat luas. 

Maria S.Santy, sebagai Head of School Stella Maris Gading Serpong, Tangerang  menegaskan hal itu selesai menghadiri perayaan Chinese New Year Celebration diikuti keluarga besar Sekolah Stella Maris. Kegiatan dilaksanakan di lapangan basket sekolah setempat yang beralamat di Jl. Vatican Cluster Sektor 8A Gading Serpong, Tangerang, Sabtu ( 17 Februari 2024). 

Kegiatan diikuti 1000-an siswa-siswi dari unit Pra Sekolah, TK, SD, SMP dan SMA yang didiampingi para para orangtua masing-masing. Selain mengikuti seluruh rangkaian kegiatan performance, para orangtua mendapatkan suguhan minuman teh yang disediakan panitia sekolah tersebut. 

Maria S. Santy mengatakan melalui perayaan Imlek 2024 peserta didik bisa mengenal tentang budaya dengan keanekaragaman yang merupakan kekayaan nasional, dunia yang sangat perlu terus dilestarikan. Dengan demikian peserta didik bisa beradaptasi dengan segala macam keragaman budaya itu. Tidak hanya itu, mereka pun diharapkan  menghormati budaya lain kendati terdapat begitu beragam budaya di negeri ini. 

Nina Francesca Fuentes Genardo selaku Ketua Panitia Imlek 2024 Sekolah Stella Maris Gading Serpong menjelaskan perayaan Tahun Baru Imlek dibagi menjadi tiga bagian yakni ; penampilan kreativitas anak ( seni suara, drama , tarian ), penampilan barongsai, wushu,  penampilan kembang api dan penyediaan teh bagi orangtua yang hadir. 

                                                


‘’Sebelum perayaan Imlek dimulai pkl 16.00 wib kegiatan pada pagi harinya dilaksanakan Open House diisi penjelasan kepada orangtua tentang Kurikulum Internasional dan Kurikulum Merdeka. Selain itu ada kegiatan menulis huruf hanzi diikuti pre school dan primary school juga menggambar dengan tema Imlek bagi peserta didik SMP dan SMA Stella Maris Gading Serpong,’’ jelas Ms Nina yang juga menjadi Kepala SMP dan SMA Stella Maris ini.

Chinese  New Year Celebration 2024 juga sebagai ajang menampilkan berbagai kreativitas anak mulai dari Pre school sampai dengan jenjang SMA. Mereka mempersembahkan berbagai pentas seni seperti tarian, drama, seni suara vokal dan keterampilan wushu. “Kegiatan ini sangat bermanfaat karena itu sebagai orangtua berharap hal ini tetap ditingkatkan pada momentum lain seperti Graduation Day dan kesempatan lainnya,’’ kata seorang wali murid yang hadir menyaksikan berbagai penampilan anak-anak sore itu. 

Seluruh rangkaian acara dipandu Master of Ceremony; Mr,Yansen, Bailinda dan Calista yang menggunakan bahasa Inggris. Acara diawali dengan doa pembukaan kemudian barongsai disusul dengan lagu-lagu, drama dan wushu yang diisi secara bergantian setiap jenjang TK sampai dengan SMA. 

Menutup kegiatan Imlek dilakukan untaian doa bersama  yang melibatkan pemimpin lembaga tersebut yakni Ms. Maria S. Santy, Ms Listya, Ms Nina, Ms Ester, Ms. Arsenia dan Ms Tina. Untaian doa yang dilantunkan itu kemudian diapungkan di dalam kolam ikan yang terletak tak jauh dari arca Mother Merry Cave. 

Gebyar –gempita Imlek 2024 ditutup dengan barongsai, pesta kembang api yang membuat suasana semakin marak. Acara kemudian berakhir hingga pkl 19.00  wib. Selamat Hari Raya Imlek 2575. Gong Xi Fa Chai. *  Konradus R. Mangu

Keterangan foto; Maria S. Santy, dan Ms Nina

Posting Komentar

0 Komentar