Unordered List

6/recent/ticker-posts

HIMAKOM Bicara Public Speaking di SMK Setia Bhakti

                                               


Tangerang, Gagas Indonesia Satu.com

HIMPUNAN Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Universitas Buddhi Dharma (UBD) Tangerang yang berjumlah 30 orang membagikan pengalaman mereka tentang “Public Speaking” di SMK Setia Bhakti, beralamat di Jl. Kisamaun, Tangerang, Senin (20 Mei 2024). Acara yang dikemas dengan promosi UBD itu dihadiri 104 siswa-siswi empat jurusan (MPLB, DKV, AK dan ULP).

Kegiatan diawali sambutan Retno Hadaminanti selaku Pembina Kesiswaan SMK Setia Bahkti. Turut hadir dalam acara tersebut dihadiri  Dekan Fakultas Sosial Sonya Ayu Kumala, S.Hum M.Hum,  dan Biro  Kemahasiswaan, Deki Sulistyo S.Pd.

                                        

Anastasya Soyu dan Christeas- - kedua mahasiswa-mahasiswi UBD Tangerang ini menyampaikan materi tentang Public Speaking. Keduanya membahasnya mulai dari   pengertian atau definisi, tujuan serta manfaat dalam kehidupan sebagai mahasisiwa  maupun ketika dalam dunia kerja atau menjadi warga masyarakat.

‘’Public Speaking itu  bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri, memudahkan mengatasi suatu permasalahan, sebagai sarana mengatasi suatu masalaha (problem solving)  serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi,’’ jelas Anastasya yang ditegaskan oleh Christeas.

Selain itu ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam kegiatan public speaking yakni; perlu adanya rasa percaya diri, memiliki postur tubuh yang baik (ideal) mengenal audiens, kontak mata dan pakaian yang layak. Inilah yang perlu diperhatikan seorang public speaking   yang ingin menyampaikan suatu topik di hadapan banyak orang.

                                        

                                                                       Clarisa 

Anastasya menambahkan pengetahuan public speaking bagi seorang siswa-siswi dan masyarakat umumnya memang diperlukan. Ia memberikan alasan dengan keterampilan itulah bisa mencapai suatu tujuan juga mengatasi suatu permasalahan berkaitan dengan komunikasi dengan audiens. “Dengan adanya komunikasi efektif seorang siswa menyelesaikan persoalan dihadapi di lembaga pendidikan,’’ kata nara sumber itu.

Clarisa, Ketua Panitia kegiatan “Public Speaking” yang mengusung sub tema “mengubah Rasa Gugup jadi Percaya Diri”  agar meningkatkan keberanian agar siswa -siswi  mampu menyampaikan gagasannya di hadapan banyak orang.

                                           

                                                               Donny 

Donny, Ketua Himakom UBD Tangerang menegaskan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini merupakan realisasi dari pengabdian masyarakat oleh organisasi kampus. Ia mengharapkan pengetahuan public speaking bisa membantu siswa SMK Setia Bahkti menerapkan sehingga komunikasi berhasil. “Pengabdian masyarakat lewat kegiatan ini bisa membantu siswa-siswi di sini,’’ kata Donny, asal Flores ini. ***     

                                                                                            Konrad R. Mangu 

ket foto, peserta mendengarkan pemaparan tentang public speaking (foto Vivie) dan dok pribadi

Posting Komentar

2 Komentar