Unordered List

6/recent/ticker-posts

Wakil Ketua DPRD Flotim “Menantang” Generasi Muda Saat HUT ke-50 Kadiare

                                                   

                                        Puncak HUT ke-50 KT Kadiare 

Tuwagoetobi, Gagas Indonesia Satu.com

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Flores Timur Yoseph Paron Sabon ST mengapresiasi  dan mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-50 sebuah organisasi Karang Taruna (KT) Kadiare (Kakan Dike Arin Sare =kakak dan adik sama-sama berbudi baik). Usia 50 tahun Karang Taruna merupakan capaian yang luar biasa. Kadiare  tidak hanya sekedar nama melainkan memberikan  “Roh” untuk mencapai rencana baik  masa-masa mendatang.


                                                  

‘’ Tema “Mewujudkan Masa Depan Generasi Muda Kadiare Berkualitas yang Berdaya Saing” - - merupakan tema yang sangat relevan,kontekstual sekaligus menantang seluruh generasi muda di Tuwagoetobi/Honihama. Oleh karena itu sesuai dengan tema untuk membangun kesejahteraan bersama bukan butuh sumber daya manusia dan daya saing tapi sumber daya manusia berkarakter,’’ demkian diungkapkan  Yoseph Paron Sabon ST  dalam sambutan Peringatan HUT ke-50 Karang Taruna Kadiare, di Honhama/Tuwagoetobi,  Minggu ( 30 Juni 2024).

Acara puncak Emas Kadiare ini dihadiri 600-an warga masyarakat setempat. Turut hadir Camat Kecamatan Witihama, Lorensius Lebu, Ketua Adat Honihama, Klemens Demon Arep Kurouman, Pembina Kadiare tahun 1970 an, Yoseph Ola Beda, Penjabat Kepala Desa Tuwagoetobi Ismail Daton Ban, ST Kepala Desa Riangduli Lorensius Bahy, Ketua PGRI Florim, Maksimus Masan Kian, S.Pd juga Camat Ile Boleng serta undangan lainnya.

                                                    


Paron Sabon mengatakan zaman semakin maju memungkinkan semuanya akan mengalami perubahan. Untuk itu diperlukan manusia bukan hanya cerdas secara akademik tapi memiliki karakter baik. “Orang pintar bisa membuat bom kemudian menghancurkan sebuah peradaban maka sekarang saya tantang bisakah generasi ini memiliki karakter untuk kemajuan daerah ini?” ungkap wakil DPRD Flotim ini.

Anggota dewan ini memberikan apresiasi bagi desa atau wilayah ini. Siapa yang tidak kenal lokasi Bayo Lewun yang bukan hanya dikenal kabupaten ini tapi dikenal seluruh Indonesia bahkan dunia. Itu ada di Desa Tuwagoetobi.

                                                     

                                         Peserta lomba vokal 

Ada lagi komunitas Youtuber yang bekerja untuk menyiarkan seluruh kegiatan, tidak hanya itu mereka menggunakan teknologi untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas itu. Ini adalah situasi yang disikapi dengan kreativitas, sebagai penanda syarat menghadapi suatu era globalisasi.

Kehadiran Karang Taruna Kadiare merupakan modal penting bagi daerah ini sebab generasi muda bisa  mengaktualisasikan dirinya demi kemajuan kelompok dan masyarakat umum. Capaian yang telah diraih untuk mencapai organisasi ini masa depan.

Ketua Kadiare, Viktor Lele Kuma mengatakan HUT ke-50 Kadiare adalah kesempatan untuk mengevaluasi organisasi ini dan terus mempertahankan capaian yang telah diraih pada masa lampau.


                                                

                                                     Sejumlah undangan hadir Puncak Emas Kadiare

Ketua Panitia Pesta Emas Kadiare, Klemens Kopong mengatakan meskipun ada kekurangan dalam pelaksanaan pest aini tapi ia mengapresiasi karena banyak yang berkontribusi dalam membantu kelancaran acara ini.

Camat Witihama, Lorensius Lebu dalam sambutan mengakui KT Kadiare dengan Band Sinar Remaja pada eranya   ( 1980-1990 an) merajai musik di Adonara. Dan menurutnya Kadiare justru mengenalkan nama Witihama ke luar. “Artinya saya mau mengatakan Kadiare bukan hanya milik Honihama tapi juga milik warga Kec. Witihama,’’ ujar Camat Witihama yang disambut tepukan tangan meriah.

Yoseph Ola Beda dalam pernyataannya acara kilas balik organisasi ini mengatakan “Generasi muda saat ini kembalikan masa jaya Sinar Remaja Band seperti di era tahun 1990a,’’ kata guru SDK Honihama yang

 purna tugas ini.


                                    

Minggu ( 30 Juni 2024) seakan menjadi malam milik warga undangan yang hadir. Ada acara pemotongan kue ulang tahun oleh tetua adat setempat. Setelah mengukuti acara sambutan, pentas seni, vokal tunggal , vocal grup, hadrin larut dalam kegembiraan. Uniknya para pejabat hadir ikut mengambil bagian mempersembahkan lagu tentu dengan iringan Band Sinar Remaja. Selamat ulang tahun ke-50, jaya selalu KT Kadiare. ***  

                                                                                                                Konrad R Mangu

Posting Komentar

0 Komentar