Unordered List

6/recent/ticker-posts

Apresiasi Bintang Mahaputera Utama Gus Men, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Banten Gus Men Menteri Semua Agama


                                                                                                           


                                             Dr. H. Nanang Fatchurochman, S.H., S. Pd, M.Pd

Serang, Gagas Indonesia Satu.com

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Dr. H. Nanang Fatchurochman, S.H., S. Pd, M.Pd menyampaikan ucapan selamat kepada Gus Men, panggilan akrab Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, atas penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama. Seperti diketahui Menteri Agama RI menerima Tanda Kehormatan  Bintang Mahaputera Utama dari  Bapak Presiden RI, Joko Widodo, Rabu ( 14 Agustus 2024) di Istana Negara, Jakarta. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenag mengapresiasi penganugerahan ini sebagai bukti  pengakuan negara dalam kepemimpinan Gus Yaqut di Kementerian Agama RI yang selalu memberikan  kebaikan, inovasi dan gagasan moderat dalam menjaga kerukunan umat beragama serta  mengayomi semua elemen masyarakat baik, adat, suku dan agama berlandaskan Pancasila. 

''Kementerian Agama sebagai payung teduhnya kerukunan dan milik semua  beragama maka pada  moment terindah dalam launching  semarak gebyar HUT ke-79 kami keluarga besar Kementrian Agama  dan masyarakat  Banten bersyukur dan bangga mengucapkan  selamat atas penganugerahan tanda kehormatan,'' kata Dr. H Nanang Fatchurochman.

Lebih lanjut dikatakan penganugerahan tanda Kehormatab Bintang Mahaputra Utama kepada Menteri Agama RI oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspirasi bagi seluruh jajaran Kementerian Agam  agar selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.   

  Menurut Nanang, “Gus Men menerima penghargaan ini karena beliau berhasil membangun kerukunan umat beragama di Indonesia. Sebagaimana Gus Men kerap menyebut dirinya sebagai Menteri bagi semua Agama”.

Nanang juga menambahkan bahwa Gus Men bersinergi dengan para tokoh agama dalam membangun dan meningkatkan kualitas kehidupan semua umat beragama di Indonesia. Gus Men sangat rendah hati dan menyampaikan apresiasi kepada setiap ASN Kementerian Agama.

Tanda kehormatan adalah penghargaan negara yang dberikan Presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara. Sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010, Tanda Kehormatan dibagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu Bintang, Satyalancana dan Samkaryanugraha. Bintang Mahaputera merupakan Tanda Kehormatan tertinggi setelah Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia.


                                    

Pasal 28 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009, mengatur bahwa Bintang Mahaputera diberika kepada orang yang memenuhi persyaratan: 1) berjada luar biasa di berbagai bidang yang bermafaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmura bangsa dan negara; 2) pengabdian dan perngorbanannya di bidang sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, dan berbagai biang lain yang besar manfaatnya bagi bangsa dan negara; dan atau 3) darma bhakti dan jasanya yang diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional.***

 

Posting Komentar

0 Komentar