Unordered List

6/recent/ticker-posts

Prof. Dr. Ir Netti Herawati M.Si : Kebahagiaan Hati Syarat Penting Anak Sebelum Belajar

                                                 

                                                   Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si 

Tangerang, Gagas Indonesia Satu

SYARAT penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran di sekolah adalah kebahagiaan hati setiap anak didik sebelum memulai pelajarn di dalam kelas. Hal ini sangat penting karena tanpa ada kebahagiaan  hati ia tidak optimal menerima semua pembelajaran dalam kelas. Maka kalau ia tidak optimal maka sia-sia apa yang disampaikan guru dalam kelas. 

''Aktivitas menyenangkan itu merupakan harapan semua anak ketika berada dalam kelas. Suasana yang tercipta dengan baik  memungkinkan anak  belajar senang di dalam kelas. Jika anak dalam kondisi sehat ia akan mengalami atensi, selanjutnya konsentrasi dan pada akhirnya anak selalu mendambakan pembelajaran yang mneyenangkan,'' demikian dikatakan Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si  dalam Sosialisasi Sekolah Sehat yang berlangsung di lanatai  V, Gedung Pusat Pemerintahan Walikota Tangerang, Jumat ( 13 September 2024). 

Acara dihadiri sekitar 500 -an guru termasuk para Kepala Sekolah yang bertugas di wilayah Kota Tangerang. Acara dibuka oleh Penjabat Walikota Tangerang, H. Nurdin  dan dihadri pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, H. Jamalludin M.Si. 

Netti Herawati menyebutkan dalam Undang-Undang Kesehatan RI No 36 tahun 2009 menyebutkan konsep kesehatan adalah sehat mencakup secara fisik, mental, spiritual dan sehat seacar sosial yang memungkinkan  setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. 

Dosen UPN Veteran Jakarta ini mengatakan kadang bagi seorang guru demi mengejar ketuntasan kurikulum ia kurang memberikan perhatian  anak  dari segi kesehatan. Misalnya apakah guru meastikan anak sudah makan pagi (sarapan) atau belum, atau guru sendiri mencari tahu untuk memastikan anak mengonsumsi makanan gizi seimbang atau tidak dan seterusnya. 

Ia melanjutkan dulu masyarakat mengenal konsep Empat Sehat Lima Sempurna tapi hal ini tidak berlaku lagi yang paling penting adalah apakah anak mengonsumsi makanan "gizi seimbang" atau tidak, itu hal yang sangat penting. 


                                                

''Maka sangat perlu diperhatikan makan dengan jumlah yang tepat, jenis makanan yang cukup serta makan dalam waktu yang tepat" kata Netti Herawati di hadapan para guru itu. 

H. Nurdin selaku Penjabat Walikota Tangerang mengatakan akan terus meningkatkan kualitas pendidikan di Tangerang. Tidak hanya dari segi kesehatan tapi dalam asepk pendukung lain seperti peningkatan kualitas dari segi guru. "Pemerintah Tangerang telah mendorong, mengusulkan 2.500 guru status honor supaya menjadi ASN" kata penjabat Walikota Tangerang ini. 

H. Jamalludin, M.Si Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang sosialisasi Sekolah Sehat sangat penting dan mendesak karena itu diharapkan menjadi anak-anak yang berkualitas yang kelak melanjutkan pembangunan wilayah ini dengan baik. 

Acara sosialisasi Sekolah Sehat dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada sekolah yang melakukan program Sekolah Penggerak untuk stauan pendidikan PAUD, SD dan SMP. *** (Konradus R Mangu) 

foto; Prof, Dr. Ir Netti Herwati, M.Si    

Posting Komentar

0 Komentar